Aparat kepolisian tampak berjaga-jaga di Kantor Freeport Indonesia di Timika, Papua, pasca penembakan oleh KKB, Senin (30/3/2020) kemarin

Papua, innews.co.id – Kantor PT Freeport Indonesia Kuala Kencana, Timika, Papua, diserang Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Senin (30/3/2020) siang, yang mengakibatkan 1 orang meninggal dunia, 2 luka parah, dan 4 lainnya luka ringan.

KKB yang ditaksir berjumlah lebih dari 8 orang tersebut memasuki area Freeport dan langsung menghujani tembaka. Seorang pekerja di bagian konstruksi berkewarganegaraan Selandia Baru Grame Thomas Wall tewas diterjang timah panas KKB.

Dalam keterangannya, Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gede Era Adhinata di Timika, mengatakan, insiden penyerangan Kantor OB PT Freeport di Kuala Kencana itu terjadi pada Senin siang sekitar pukul 14.00 WIT.

“KKB melakukan penembakan ke arah Kantor OB PT Freeport dari arah hutan di sisi kanan gedung,” ujar Era Adhinata. Hanya saja, sejumlah saksi mengaku sempat melihat delapan orang memasuki area Kantor OB PT Freeport Kuala Kencana dengan menenteng senjata api.

Sementara itu, keterangan resmi dari PTFI mengatakan, “Kami sangat berduka atas kehilangan satu orang rekan karyawan yang meninggal dalam kejadian penembakan yang terjadi di area perkantoran PT Freeport Indonesia, di Kuala Kencana, Timika – Papua. Kami menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya bagi keluarga yang ditinggalkan”.

Dijelaskan pula, ada dua korban yang mengalami luka serius sedang dibawa ke RS Tembagapura. “Empat orang korban lain dalam insiden penembakan ini mengalami cedera ringan dan telah mendapatkan perawatan di lokasi,” tulis PTFI dalam rilisnya, Selasa (31/3/2020)

Ditambahkan, sejauh ini pasukan keamanan pemerintah dan pihak sekuriti perusahaan telah mengamankan lokasi kejadian dan mengevakuasi semua karyawan dari kantor dan kawasan yang berada di dekatnya. “Prioritas utama kami adalah memastikan keselamatan para karyawan dan keluarga mereka,” ujar PTFI. (RN)