Komtap Industri Manufaktur KADIN DKI Kupas Strategi Marketing Digital

Para peserta pelatihan berfoto bersama narasumber Regina Vianney Ayudya dan Rainer P. Tobing dari KADIN DKI Jakarta, usai pelatihan Strategi Digital Marketing, di Sekretariat KADIN DKI Jakarta, hari ini

Jakarta, innews.co.id – Hampir seratusan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), baik secara daring maupun luring, tampak begitu antusias mengikuti pelatihan marketing digital yang diadakan oleh Komisi Tetap Industri Manufaktur Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi DKI Jakarta, di Sekretariat KADIN DKI Jakarta, Rabu, 26 Juli 2023.

Peserta yang kebanyakan kaum wanita tersebut sangat bersemangat mengikuti penjelasan demi penjelasan yang disampaikan secara lugas dan terinci oleh Ketua Komtap Industri Manufaktur KADIN DKI Jakarta Regina Vianney Ayudya.

Regina Vianney Ayudya Ketua Komisi Tetap Industri Manufaktur KADIN DKI Jakarta tengah memberikan pemaparannya

Acara bertajuk Strategi Digital Marketing tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Umum KADIN DKI Jakarta Diana Dewi. Dalam sambutannya, Diana menjelaskan bahwa program ini sangat berguna bagi para pelaku UMKM. “Saat ini menjual secara digital diyakini akan membuat usaha menjadi maju dan berkembang. “Dengan digital marketing akan meningkatkan market dan membuat pemasaran menjadi lebih baik lagi,” kata Diana.

Founder PT Suri Nusantara Jaya Group ini meminta para peserta dapat benar-benar memanfaatkan acara ini untuk menimba ilmu sebaik mungkin. Dirinya juga mengapresiasi kinerja bidang Perindustrian KADIN DKI Jakarta yang dinilai terus mendorong berbagai bentuk pelatihan kepada para pelaku industri kecil dan menengah.

Dalam sambutannya Rainer P. Tobing, Wakil Ketua Umum Bidang Perindustrian KADIN DKI menyambut baik pelatihan ini sebagai upaya konkrit untuk memperkuat lini bisnis dari para pelaku usaha.

Suasana pelatihan bertajuk ‘Strategi Digital Marketing’ yang diadakan Komisi Tetap Industri Manufaktur KADIN DKI Jakarta, di Sekretariat KADIN DKI, hari ini

“KADIN DKI, khususnya bidang perindustrian terus berupaya mendorong para pelaku usaha untuk maju dan berkembang, terlebih di era digital ini,” ujarnya.

Kupas digital marketing

Dalam paparannya, Regina Vianney Ayudya secara lugas menguraikan bagaimana seseorang mampu lebih memaksimalkan pemasaran produknya secara digital.

Peserta tampak begitu antusias mengikuti pelatihan Strategi Digital Marketing KADIN DKI Jakarta, hari ini

“Sebagai pelaku UMKM kita kerap memiliki keterbatasan budget antara promosi dengan produksi. Sebab, tanpa promosi sulit juga produk kita dikenal orang, sementara untuk produksi juga tentu membutuhkan biaya,” kata Regina yang juga Founder AVA Natural ini.

Menurutnya, dengan memanfaatkan media sosial, para pelaku usaha bisa mendongkrak penjualan dengan biaya yang relatif lebih ringan.

Regina Vianney Ayudya menguraikan secara rinci strategi digital marketing

“Kita harus tahu dulu sasaran produk yang kita jual siapa saja dan dari kalangan mana saja, sehingga pemasarannya akan tepat sasaran. Dengan memanfaatkan digital, maka akan lebih bisa terukur dan terkontrol siapa yang meminati produk kita,” jelasnya.

Regina menguraikan ada banyak komponen digital marketing. Bisa melalui media-media sosial, seperti facebook, instagram, tiktok, twitter, yang memiliki fasilitas jualan maupun situs web.

Dia mencontohkan media sosial Thread yang dibuat oleh Instagram, di mana bisa ditampilkan produk-produk yang dijual secara lengkap. “Namun, di media sosial, produk yang ditampilkan haruslah semenarik mungkin dengan caption yang bisa memikat orang untuk membeli. Begitu juga dengan tayangan video yang memungkinkan orang lebih mengenal produk yang dijual. Agar lebih menarik, video produk bisa dibubuhi lagu-lagu yang lagi tren saat ini,” urainya.

Para peserta pelatihan mendapatkan sertifikat keikutsertaan pelatihan ini

Diakuinya, orang sering terkenal membuat caption untuk foto-foto yang ditampilkan. Padahal, caption itu sangat penting untuk menunjukkan keunggulan produk yang dijual. “Saat ini ada aplikasi ChatGPT yang memudahkan pelaku usaha membuat caption dalam setiap produk yang ditampilkan,” seru Regina.

Ketua Bidang Luar Negeri Banteng Muda Indonesia (BMI) ini berharap, materi yang diberikan bisa lebih didalami dan membantu pemasaran produk dari para pelaku UMKM. “Kami juga berkomitmen untuk mengadakan pelatihan-pelatihan ini secara kontinu dan melibatkan lebih banyak orang lagi,” tukas Regina yang juga bakal calon legislatif (Bacaleg) DPR RI dari PDI-Perjuangan daerah pemilihan DKI Jakarta 2 ini. (RN)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan