Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia

Buton, innews.co.id – Ditengah kondisi pandemi Covid-19, sejumlah proyek di daerah dipastikan akan terus berjalan. Hal ini disampaikan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia saat melakukan kunjungan kerja ke Buton, Sulawesi Tenggara.

“Kedatangan saya untuk memastikan proyek di daerah tetap berjalan yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi daerah, khususnya di Pulau Buton. Saya juga ingin memastikan jika ada izin yang belum clear (selesai), maka clear-kan,” ujar Bahlil dalam konferensi pers virtual, Minggu (28/2/2021).

Dirinya juga memastikan tidak ada lagi keluhan dari pengusaha terkait pembangunan proyek di daerah. Salah satu yang disoroti Bahlil terkait pembangunan daerah, yakni industri pengolahan aspal milik PT Kartika Prima Abadi, yang akan menggandeng pengusaha lokal di Buton.

“PT Kartika Prima Abadi sudah menandatangani kontrak untuk melibatkan pengusaha di Pulau Buton. Salah satunya, melibatkan IUP daerah ketika kapasitas produksinya sudah mencapai 500 ribu ton per tahun,” urai Bahlil.

Izin Usaha Pertambangan (IUP) sendiri akan diterbitkan saat produksi aspal mencapai 500 ribu ton per tahun. Saat ini, produksi aspal barus mencapai 100 ribu ton.

“Kepastian investasi di daerah ini perlu dilakukan, agar perekonomian daerah tetap tumbuh,” tukasnya. (RN)