Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan tampak memayungi Ketua MPR RI Bambang Soesatyo didampingi Ketua Umum KMDT Edison Manurung

Tarutung, innews.co.id – Hujan rintik-rintik mengiringi kedatangan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Jum’at (7/2/2020) siang. Rombongan langsung disambut Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan dan jajarannya serta Edison Manurung Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komunitas Masyarakat Danau Toba (KMDT), juga diiringi tari-tarian penyambutan.

Kunjungan Bamsoet–sapaan akrab Bambang Soesatyo kali ini terasa spesial sekali lantaran ditengah pembangunan Kawasan Danau Toba menjadi destinasi wisata mendunia yang menjadi program unggulan Presiden Joko Widodo.

Suasana pelantikan Pengurus DPC KMDT Tapanuli Utara yang dilakukan oleh Ketum DPP KMDT Edison Manurung disaksikan langsung oleh Ketua MPR RI bersama Bupati Tapanuli Utara

Bamsoet langsung dibawa ke Gedung Kesenian dan Kebudayaan ‘Sopo Partungkoan’ Tarutung, tempat acara Sosialisasi 4 Pilar diadakan. Sekitar 800 lebih orang menyemut di dalam gedung. Acara tersebut juga dihadiri Forkompida Tapanuli Utara dan tokoh-tokoh masyarakat setempat.

Dalam paparannya, Bamsoet mengaku senang sekali bisa berkunjung ke Taput dan melihat langsung keindahan Danau Toba. “Danau Toba memiliki keindahan yang patut kita syukuri bersama. Saya mendukung penuh niat pemerintah untuk menjadikan danau ini sebagai destinasi wisata yang mendunia. Saya berharap pemerintah daerah se-kawasan Danau Toba dan seluruh masyarakat juga bisa mendukung program ini,” ujarnya.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berfoto bersama jajaran Forkompida Taput dan Ketum DPP KMDT

Lebih dari itu, Bamsoet juga memuji perkembangan yang telah dilakukan di Taput. “Pemda didukung para tokoh masyarakat harus terus bekerja keras membangun daerah ini. Kinerja yang sudah baik harus terus ditingkatkan,” imbuhnya.

Sementara itu Nikson Nababan mengapresiasi kunjungan Ketua MPR RI ini dan menyampaikan gagasannya agar di Taput bisa dibangun Universitas Negeri Tapanuli Raya. Bamsoet menyambut baik gagasan ini dan mendukung penuh.

Pengurus KMDT bersama masyarakat mengikuti sosialisasi 4 pilar oleh Ketua MPR RI

Ketua Umum KMDT Edison Manurung di lokasi acara mengatakan, pihaknya mengundang Ketua MPR RI untuk dapat melihat langsung kawasan Danau Toba yang masuk dalam 5 destinasi super prioritas yang dikembangkan Pemerintahan Jokowi. “Harapan saya, dengan hadirnya Ketua MPR, pembangunan kawasan Danau Toba bisa semakin cepat, sehingga hasilnya bisa dirasakan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Bamsoet juga turut menghadiri pelantikan Pengurus DPC KMDT Tapanuli Utara yang diadakan usai sosialisasi 4 pilar. (RN)