Ketua MA terpilih MH Syarifuddin

Jakarta, innews.co.id – Setelah melewati dua putaran pemilihan Ketua Mahkamah Agung (MA), akhirnya Hakim Agung MH Syarifuddin terpilih menjadi ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025. Syarifuddin akan menggantikan posisi M. Hatta Ali yang akan memasuki masa pensiunnya pada 1 Mei 2020.

Dalam pemilihan putaran II Wakil Ketua MA bidang Yudisial tersebut memperoleh 32 suara mengungguli pesaingnya Andi Samsan Nganro dengan 18 suara.

“Berdasarkan ketentuan keputusan Ketua MA RI nomor 96/KMA/SK/IV/2020 tentang peraturan tata tertib pemilihan ketua MA RI, berdasarkan pasal 7 huruf 1 yang menyebutkan calon ketua MA yang mendapatkan suara terbanyak dalam putaran II, maka langsung ditetapkan sebagai ketua MA terpilih. Maka calon ketua MA tersebut ditetapkan sebagai ketua MA terpilih,” ujar Ketua MA M. Hatta Ali seusai proses pemilihan, di Jakarta (6/4/2020).

Usai pemilihan, Hatta Ali meminta semua pihak untuk bekerja sama dan mendukung ketua MA terpilih sehingga semua kebijakan untuk mewujudkan lembaga peradilan yang agung bisa tercapai.

“Kepercayaan ini merupakan amanah dan tnggung jawab yang besar yang harus dilaksanakan dengan sepenuh hati dan penuh kerja keras. Mari kita bekerja sama untuk mendukung Ketua MA yang baru,” ujarnya.

Selain itu, Ketua MA dua periode tersebut meminta panitia pemilihan untuk segera memproses hasil tersebut kepada Preside RI yang akan menetapkan secara definitif Ketua MA yang baru nanti.

Sementara itu, Ketua MA terpilih MH Syarifuddin mengatakan, jabatan tersebut merupakan amanah yang harus dia pertanggungjawabkan. “Seberat apapun pekerjaan akan menjadi ladang amal ibadah dan harus kita pertanggungjawabkan kepada negara dan bangsa,” kata Syarifuddin. (RN)