Diskusi virtual Tampil Sehat dan Cantik Dengan Stem Cell yang diadakan oleh Hayandra Laboratorium bekerja sama dengan Isfi Penerbitan, Sabtu (30/5/2020) siang

Jakarta, innews.co.id – Stem cell merupakan induk dari semua sel dalam tubuh dan mulai dikenal tahun 1950-an. Dalam tubuh, sel-sel ini meregenerasi dirinya sendiri saat mengalami apoptosis (sel menjadi mati). Pada dasarnya stem cell tidak bisa disimpan dalam kapsul, krim, atau ampul.

Fungsi dari stem cell antara lain, migrasi untuk menyembuhkan luka, juga berubah menjadi sel lain (defrensiansi), menyeimbangkan imun, memproduksi zat protein sehingga bisa memperbaiki sel rambut, kulit pada anti aging.

Hal ini disampaikan Dr. dr. Karina, SpBP-RE, CEO Yayasan Hayandra Peduli dan Hayandra Laboratorium (Klinik Hayandra) dalam diskusi virtual bertajuk ‘Tampil Cantik dan Sehat dengan Stem Cell’, Sabtu (30/5/2020) siang. “Sumber stem cell yang paling mudah diambil adalah dari lemak, selain jumlahnya lebih banyak,” lanjut Karina. Sumber stem cell lainnya dari sumsum tulang, darah, kulit, dan dari orang lain.

Bicara regulasi, Karina menjelaskan, berdasarkan Permenkes No. 32 Tahun 2018, sudah ditentukan 12 rumah sakit untuk mengadakan terapi sel. Rumah Sakit ini bisa berafiliasi atau bekerjasama dengan Laboratoriun cGMP yang ditunjuk. Ada 6 laboratorium cGMP cell, salah satunya Hayandra Lab, yang mendapat izin resmi dari Kementerian Kesehatan RI.

Lebih jauh dr. Karina menerangkan stem cell sangat berguna untuk mendukung seseorang tampil cantik dan sehat. Diyakini, seseorang bisa tampil lebih percaya diri setelah menjalani terapi stem cell, SVF (sel hidup) maupun PRP (sel mati).

“Penerapan stem cell bisa berbeda antara satu orang dengan yang lain, tergantung pada sel-sel yang ada dalam tubuhnya,” kata Karina dalam diskusi yang diikuti sekitar 1.800 orang ini.

Tidak main-main, dalam melakukan terapi stem cell, disiapkan ruang laboratorium yang steril serta petugas laboratorium yang mengenakan pakaian yang serba steril. (RN)