Ketua Umum (Ketum) Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO)

Jakarta, innews.co.id – Tahun 2020 yang begitu berat telah dilalui. Sejak Maret 2020, Indonesia dilanda Covid-19, yang selanjutnya oleh WHO ditetapkan sebagai pandemi global. Tidak hanya berdampak pada hilangnya banyak nyawa, tapi juga perekonomian bangsa mengalami keterpurukan.

“Bangsa kita mengalami masa-masa yang berat dan penuh tantangan di tahun 2020,” kata Dr. Oesman Sapta Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) kepada innews, Senin (4/1/2021).

Meski begitu, kata pria low profile yang akrab disapa OSO ini, kita lihat pemerintah berupaya sungguh-sungguh, tidak hanya dalam mengatur anggaran serta menggerakkan roda perekonomian, tapi juga bagaimana rakyat bisa terhindar dari virus korona.

“Kita apresiasi upaya yang dilakukan pemerintah. Kalaupun di sana-sini masih ada kelemahan, tentu bisa dipahami bahwa tidak ada yang sempurna. Namun, upaya maksimal sudah dilakukan,” ujar OSO.

Mantan Ketua DPD RI ini juga mengapresiasi keterlibatan berbagai pihak dalam mengatasi krisis di Indonesia. Menurutnya, ini bentuk kegotong-royongan sebagai pengalaman nilai-nilai dalam Pancasila.

“Di 2021 ini, tentu kita berharap pandemi bisa diatasi dengan kehadiran vaksin yang kini tengah diupayakan oleh pemerintah. Tidak itu saja, masyarakat juga harus disiplin menerapkan budaya baru dengan mengedepankan hidup sehat dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” seru OSO mengingatkan.

Partai Hanura, sambungnya, akan konsisten mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo, utamanya dalam mendahulukan keselamatan rakyat diatas segalanya. “Kami mendukung upaya pemerintah agar rakyatnya terbebas dari Covid-19,” tukasnya.

“Mari kita masuki tahun 2021 ini dengan tetap semangat, hidup sehat, serta kreatif dan inovatif dalam memaksimalkan seluruh potensi yang ada. Kita dukung berbagai upaya pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19,” ajaknya lugas. (RN)