M. Syarif, M.Si., Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Gerindra

Jakarta, innews.co.id – Kian meningkatnya penyebaran Covid-19 dari klaster rumah tangga, membuat Partai Gerindra DKI Jakarta mengusulkan dibuat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) lokal.

Hal ini dikatakan M. Syarif, M.Si., Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Gerindra dalam keterangannya, Selasa (8/9/2020). “Selama dua pekan terakhir, penularan Covid-19 di klaster rumah tangga meningkat, mencapai hampir 40%,” urai Syarif.

Penyebabnya, lanjut Syarif, lantaran sudah banyaknya pertemuan keluarga dilakukan. Seperti acara keluarga, akad, hingga pengajian. “Mereka bergerak menggunakan transportasi lalu balik ke rumahnya bertemu anggota keluarga dan menyebarkannya,” imbuhnya.

Dia mengaku, guna menekan perluasan penyebaran wabah korona, pihaknya telah mengusulkan kepada Gubernur Anies Baswedan untuk melakukan PSBB lokal. Pemerintah dinilainya sudah harus melakukan rem mendadak kebijakan untuk sektor yang membandel.

“Saya sudah kasih masukan ke Gubernur. Nanti gugus tugas tingkat RW akan diberdayakan. Saat ini klaster sudah berpindah ke rumah tangga karena semakin banyak pertemuan keluarga dilakukan,” tukasnya. (RN)