Pertemuan Menteri Sosial dan Para Bupati di Kawasan Danau Toba dengan DPP KMDT, di Toba Dream, Jakarta, Jumat (31/1/2020) malam

Jakarta, innews.co.id – Rencana penyelenggaraan acara ‘Satu Malam di Danau Toba’ yang digagas oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) mendapat dukungan penuh dari Menteri Sosial Juliari P. Batubara serta para Bupati di Kawasan Danau Toba.

Hal ini disampaikan langsung oleh Mensos dan Bupati Taput Drs. Nikson Nababan dan Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor dalam pertemuan di Toba Dream, Jakarta, Jumat (31/1/2020) malam.

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan (kedua dari kiri) bersama Edison Manurung Ketum DPP KMDT dan jajaran pengurusnya

“Tentu saya mendukung acara ini sebagai bentuk pelestarian budaya, sekaligus melahirkan kerinduan dan meningkatkan kepedulian kita terhadap Danau Toba. Apalagi, saat ini Danau Toba sudah ditetapkan menjadi salah satu dari 5 destinasi wisata super prioritas oleh Presiden Joko Widodo,” ujar Juliari.

Dukungan dari Mensos direalisasikan dalam bentuk pemakaian Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial RI yang berada di Jalan Salemba, Jakarta Pusat, sebagai tempat acara. Rencananya kegiatan tersebut diadakan pada 3 April 2020 sekitar pukul 17.00 WIB.

Edison Menurung, Ketua Umum DPP KMDT kepada innews mengatakan, “Ini merupakan acara yang luar biasa, dimana kita dibawa untuk melihat langsung Danau Toba yang saat ini tengah dibangun untuk menjadi destinasi kelas dunia”.

“Kami berharap para tokoh-tokoh Batak dapat menghadiri acara tersebut,” ujar Edison.

Sementara itu, Nikson Nababan juga mendukung penuh penyelenggaraan acara ini. “Pembangunan Danau Toba menjadi destinasi wisata dunia harus didukung semua pihak. Ini merupakan kesempatan emas untuk menjadikan Danau Toba sebagai obyek wisata kelas dunia,” ujarnya.

Hal senada diaminkan Dosmar Banjarnahor. “Kita harapkan pembangunan kawasan Danau Toba yang saat ini berjalan bisa meningkatkan pendapatan daerah dan menjadikan masyarakat di sekitarnya lebih sejahtera,” tukasnya. (RN)