IPPAT Rumah Bersama

Jakarta, innews.co.id – Lupakan sejenak berbagai persoalan yang menggelayuti perkumpulan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT). Bulan ini, sejatinya PPAT se-Indonesia bergembira ria karena pada 24 September nanti, IPPAT sebagai wadah tunggal para PPAT genap berusia 33 tahun (24 September 1987 – 24 September 2020).

Meski masih dibayangi pandemi Covid-19, namun Milad IPPAT ke-33, rencana akan dirayakan secara nasional dan akbar. Bertindak selaku Organizing Committee (OC), adalah Pengurus Wilayah (Pengwil) IPPAT Jawa Timur.

Para pengurus IPPAT Jatim dipimpin Isy Karimah Syakir (keempat dari kanan) bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Saat dihubungi, Isy Karimah Syakir Ketua IPPAT Jatim dengan lugas mengatakan, “Kami (IPPAT Jatim) tentu bersyukur mendapat kepercayaan dari Pengurus Pusat (PP). IPPAT Jatim bertindak sebagai OC, sementara PP bertindak sebagai Steering Committee (SC). Dalam mengadakan hajatan besar ini, kami mohon doa dari semua PPAT agar seluruh rangkaian acara yang dibuat bisa berjalan lancar,” kata Isy Karimah kepada innews, Kamis (17/9/2020).

Lebih jauh Isy menerangkan, sejauh ini persiapan acara sudah mencapai 80 persen. “Kami masih terus menggodok acara demi acara, sehingga di hari-H nanti semua bisa berjalan dengan baik,” tuturnya.

Tema yang diusung “Meningkatkan Peran IPPAT Untuk Indonesia Maju”. Hal ini, kata Isy, ingin menunjukkan bahwa IPPAT punya peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain berkontribusi aktif, IPPAT juga punya tanggung jawab menciptakan Indonesia maju.

Isy Karimah Syakir Ketua IPPAT Jawa Timur

Berbagai acara diadakan sebagai bentuk kepedulian IPPAT terhadap bangsa, di antaranya, donor darah. “Kami mengimbau, baik Pengwil maupun Pengda bisa melakukan aksi sosial serupa di tempatnya masing-masing. Namun, karena ada pandemi, tentu kami mengerti bila hal tersebut tidak bisa dilaksanakan,” imbuh Isy. Di Surabaya sendiri, IPPAT akan bekerjasama dengan PMI setempat.

Aksi sosial lainnya, terang Isy, pembagian sembako bagi para pengubur jenazah serta kepada sejumlah rumah sakit. “Di Jawa Timur sendiri, rencananya akan dilakukan di 6 titik,” ungkapnya. Juga akan dilakukan operasi bibir sumbing bekerja sama dengan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Airlangga, rencananya pada 3 Oktober.

Di bidang olahraga, rencananya akan diadakan Golf Bersama yang dipusatkan di Senayan Golf, Jakarta. Isy menerangkan, mengingat masih kondisi Covid-19, maka pesertanya akan dibatasi maksimal 30 orang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. “Awalnya, acara ini akan diadakan di Jakarta, namun karena masih diterapkan PSBB, maka pelaksanaannya kemungkinan ditunda,” urainya.

Salah satu event yang pernah diadakan IPPAT Jatim dihadiri Wakil Gubernur Jatim Emil Darsak dan istri, beberapa waktu lalu

Tak kalah menarik lagi, akan diadakan pemotongan tumpeng bersama di semua Pengwil. Nantinya akan disiarkan secara daring. “Kami akan memotong tumpeng secara serempak pada 24 September, tepat jam 12.00 WIB. Sementara di pengwil-pengwil yang berbeda waktunya (WITA dan WIT) akan menyesuaikan,” kata Isy.

“Alhamdulillah, sudah banyak pengwil yang menyatakan ikut, baik dalam acara pemotongan tumpeng maupun berbagai lomba,” aku Isy.

Kegiatan lainnya, masih kata Isy, adalah seminar online nan menarik bertema ‘Kaitan Emosi yang Dapat Membuat Orang Menjadi Gampang Lupa/Alzheimer’ dengan narasumber dr. Aisah Dahlan CHt., 24 September 2020.

Bagi kebutuhan internal IPPAT, pada 25 September akan diadakan Seminar Online Nasional bertajuk ‘Serba-Serbi Tanah Negara dan Segala Permasalahannya’ yang akan menghadirkan narasumber kawakan antara lain, Dr. Andi Tenrisau (Dirjen Penataan Agraria Kementerian ATR/BPN), Dr. Habib Adjie (Notaris/PPAT dan Dosen), serta Miftahcul Mahcun (Praktisi Hukum).

Isy Karimah Syakir Ketua IPPAT Jatim (kiri) bersama Gubernur Jatim dan Kakanwil BPN Jatim yang lama

Isy menambahkan, juga ada acara lomba paduan suara virtual berhadiah piala dan uang tunai jutaan rupiah. Uniknya lagi, akan diadakan Lomba Ucapan HUT IPPAT Ke-33. “Lomba ini bisa diikuti perorangan atau kelompok, anggota IPPAT. Caranya mengirimkan video ucapan yang unik dan menarik berdurasi maksimal satu menit melalui Instagram masing-masing dengan hastag #HUTIPPAT33,” terang Isy.

Melalui perayaan HUT ke-33 ini, Isy berharap semua pihak menyadari bahwa IPPAT adalah rumah kita bersama. “Guyub, rukun, dan damai tentu menjadi kerinduan kita semua. Mari rayakan ulang tahun IPPAT ini dengan kebahagiaan bersama. Dari kita, oleh kita, dan untuk kita,” pungkasnya. (RN)