Jakarta, innews.co.id – Paviliun Provinsi yang berada di Gedung Smesco Indonesia ditata ulang. Relaunching Produk Unggulan Provinsi di Smesco Indonesia yang ditandai dengan event Smesco Minang Festival, dilakukan oleh Ketua Umum Dekranas Hj Mufidah Jusuf Kalla, di Jakarta, Sabtu (31/4).

Dalam sambutannya, Mufidah berpesan agar produk yang ada di Smesco Indonesia harus mempunyai karakter kuat dan unggul dari daerah masing-masing yang berbasis pada kreativitas dan inovasi putra-putri bangsa. “Harus ada kurasi produk yang baik agar terjaga kualitasnya. Saya ingin agar Gedung Smesco dimanfaatkan oleh daerah di seluruh Indonesia untuk mempromosikan produk unggulannya,” kata Mufidah.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan, Gedung Smesco kini dikelola dengan konsep baru sebagai miniatur Indonesia dalam bidang kerajinan. “Terutama fesyen, mebeler, alas kaki, dan kuliner. Karena keempat produk ini yang mempunyai potensi besar untuk diekspor ke mancanegara,” kata Puspayoga.

Sementara itu, Menkop dan UKM yang ikut hadir dalam peresmian tersebut mengatakan, produk yang ada di Gedung Smesco terutama di Paviliun Provinsi merupakan produk-produk unggulan karya anak bangsa sehingga siapapun yang ingin mendapatkan produk terbaik dari berbagai provinsi. “Kami juga mengajak para kepala daerah untuk memanfaatkan Gedung Smesco sebagai sarana promosi,” imbuh Puspayoga.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan bahwa peluncurkan Paviliun Provinsi dengan menggunakan tema Minang Festival diharapkan bisa menjadi ajang untuk mempromosikan produk dari provinsinya secara lebih luas.

Irwan menambahkan, “Banyak produk di daerah kami tidak terbeli karena belum banyak dikenal publik. Kami berharap dengan adanya Smesco produk-produk unggulan daerah kami bisa terpromosikan pada publik yang lebih luas.”

Sedangkan Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) pengelola Gedung Smesco Indonesia Emilia Suhaimi mengatakan, revitalisasi Paviliun Provinsi akan menampilkan wajah baru Produk Unggulan Provinsi sekaligus citra baru terhadap identitas daerah dengan menampilkan “local heritage” dan produk unik.

“Revitalisasi Paviliun Propinsi yang berlangsung sejak Januari 2018 merupakan langkah strategis yang dilakukan LLP-KUKM untuk mengintegrasikan semua potensi yang ada agar Smesco Indonesia menjadi icon baru atau citra baru dalam pencapaian pengembangan dan pemasaran produk-produk unggulan Koperasi dan UKM,” jelas Emilia.

Revitalisasi dimaksudkan untuk menghasilkan Smesco Indonesia yang tampil beda, berdaya saing, dan mampu menghasilkan “values” bagi pengunjung. “Sebagai citra baru Smesco Indonesia akan menjadi referensi terbaik untuk mencari dan mendapatkan produk lokal produksi KUKM Indonesia,” pungkas Emilia. (RN)