Gerbang Taman Mini Indonesia Indah

Jakarta, innews.co.id – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) berencana mulai buka pada 20 Juni ini di masa transisi. TMII rencananya akan buka pada pukul 08.00 – 18.00 WIB. Seluruh pintu masuk dan wahana akan dibuka, kecuali kawasan-kawasan yang wahananya melibatkan kerumunan atau gerombolan. Misalnya saja seperti Snowbay Water Park dan Teater Imax Keong Emas.

TMII juga berencana akan membatasi jumlah pengunjung yang memasuki kawasannya. Menurut Sahda Silalahi Kepala Bagian Humas TMII, per hari akan dibatasi jumlah pengunjung maksimal hanya 15-20 ribu orang.

Sahda juga menjelaskan, TMII juga telah melakukan persiapan menuju new normal. “Mulai dari melakukan penyemprotan seluruh area secara berkala hingga menempatkan spanduk, banner, atau poster berisi imbauan bagi pengunjung agar tetap menaati protokol kesehatan. Para petugas yang bertugas di TMII juga telah melakukan simulasi, terangnya dalam rilis, Sabtu (6/6/2020).

Simulasi tersebut ditujukan bagi petugas untuk menerima dan menyambut pengunjung dalam kondisi new normal mendatang. Selain itu, TMII juga telah menempatkan tempat cuci tangan di ruang terbuka, hand sanitizer, dan pengukur suhu tubuh di pintu masuk. Untuk menambah kenyamanan, TMII juga menyediakan posko kesehatan. “TMII juga menyiapkan posko kesehatan, kerjasama antara poliklinik TMII dengan RSD Cipayung Jakarta Timur,” urai Sahda.

Untuk sementara ini, TMII tidak memberikan larangan bagi wisatawan tertentu untuk berkunjung. Seluruh masyarakat diperbolehkan untuk datang berwisata di dalam kawasannya. Harga tiket juga masih tetap sama, yakni dengan rata-rata Rp 20 ribu per orangnya. Tiket bisa dibeli di laman resmi e-ticketing TMII.

Sahda juga mengatakan bahwa kedepannya tiket TMII bisa dibeli melalui OTA, seperti Traveloka. Untuk sementara ini, produknya tengah dipersiapkan. “Insya Allah, saat TMII buka, (pembelian tiket lewat Traveloka) sudah bisa berjalan,” imbuhnya.

Dalam periode awal buka di masa transisi, TMII juga rencananya akan memberikan promo menarik, yaitu buy one get one. “Nanti di awal buka, akan diberlakukan beli tiket satu dapat dua plus satu masker” pungkas Sahda. (RN)