Otty Hari Chandra Ubayani secara rutin mengadakan pengajian yang mengudang anak yatim piatu

Jakarta, innews.co.id – Menabur di masa pandemi, bukanlah sesuatu yang mudah. Meski demikian, bagi Otty Hari Chandra Ubayani, pandemi tidak menjadi penghalang untuk berbagi.

Seperti yang ia lakukan dengan mengundang anak-anak Panti Asuhan di wilayah Jakarta untuk pengajian di kediamannya. Dengan tetap menjalankan protokol pencegahan Covid-19, pengajian berjalan lancar. “Saya yakini bahwa Tuhan sudah sedemikian baik bagi saya dan keluarga. Karenanya, meski pandemi, hasrat saya untuk berbagi tidak surut. Justru di saat-saat seperti ini, saya bisa merasakan betapa beratnya beban masyarakat,” ujar Otty kepada innews, Rabu (26/8/2020).

Otty meyakini pengajian bersama anak yatim memberi keberkahan

Diakuinya, saat ini semua orang tengah melakukan pengetatan, utamanya dalam hal ekonomi. Namun, menurutnya, itu jangan sampai mengurangi kebiasaan dan keinginan untuk berbagi. “Di masa sulit seperti inilah harusnya kita semakin giat berbagi untuk membantu sesama,” tukas Otty yang juga dikenal sebagai Notaris/PPAT di Jakarta Selatan ini.

Menggelar pengajian dengan anak yatim merupakan tradisi yang ia jalankan sudah puluhan tahun. Tidak hanya itu, ia juga kerap berbagi untuk panti asuhan lintas agama. Ini sebagai bukti nasionalisme yang tinggi dalam dirinya.

Dengan berbagi, rizki akan dilimpahkan Allah SWT

“Berbagi” ibarat sudah menjadi DNA dalam dirinya. Tidak hanya di lingkup Jabodetabek, bahkan sampai ke luar daerah. “Ayah saya selalu menekankan bahwa hidup itu harus selalu berbagi. Karena dengan berbagi, selain orang lain merasa terbantu, juga kita akan memperoleh keberkahan,” imbuh Otty yang juga Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Kenotariata (IKANOT) Universitas Diponegoro ini.

Selain itu, secara rutin setiap Jum’at, di sekitar kantornya, Otty membagikan nasi kotak kepada pengemudi ojek online, tukang sampah, dan lainnya. Ia menyebutnya sebagai ‘Jumat Berkah’.

Salah satu karyawan kantor Otty membagikan nasi kotak kepada driver ojek online di hari Jum’at

Ini selaras dengan sabda Rasulullah, “Sesungguhnya di surga ada kamar yang luarnya bisa dilihat dari dalamnya dan dalamnya bisa dilihat dari luarnya. Itu disediakan bagi orang yang berkata yang baik, memberi makan (kepada orang yang butuh), rajin berpuasa, dan melakukan shalat di malam hari ketika manusia terlelap tidur.” (HR. Tirmidzi no. 1984 dan Ahmad 1:155. Al-Hafizh Abu Thahir).

Dan, Mother Teresa dalam salah satu tulisannya pernah berkata, “Berikan tanganmu untuk melayani berikan hatimu untuk mengasihi (sesama)”.

(RN)