Paripurnakan Kesuksesan, James Purba Siap Sandingkan Piala Dunia dan Piala Asia

Jamaslin James Purba, advokat senior yang 'turun gunung' membawa ILFC menjadi Juara Dunia Lawyers World Cup 2023, di Spanyol

Jakarta, innews.co.id – Keadidayaan tim sepakbola advokat Indonesia di sejumlah kejuaraan tingkat dunia merupakan buah dari kerja keras dan pembinaan yang terus menerus dilakukan. Konsistensi menjadi kata kunci lahirnya sejumlah prestasi yang ditorehkan berbagai tim sepakbola advokat di level dunia.

Terakhir, tampilnya Indonesia Lawyers Football Club (ILFC) sebagai Juara Dunia pada Turnamen Sepakbola Advokat se-Dunia (Lawyers World Cup) 2023, di Spanyol, 26 September – 1 Oktober 2023 lalu. Di turnamen tersebut, ILFC tampil bak singa lapar, melumat setiap lawan yang dihadapinya. Tak heran, sejak penyisihan hingga final, ILFC mampu merobek gawang lawan sebanyak 55 kali.

Tak hanya menjadi juara dunia, pemain ILFC Alexzander Rinaldy juga menjadi top skor dengan torehan 22 gol sepanjang turnamen.

Jamaslin James Purba, advokat senior yang terjun langsung membawa ILFC tampil sebagai Juara Dunia pada Lawyers World Cup 2023 di Spanyol, baru-baru ini

Dibalik sejumlah kesuksesan tim sepakbola advokat Indonesia, ada sosok ‘bertangan dingin’ yang terus menggelorakan spirit para juniornya untuk tidak hanya piawai menangani perkara demi perkara, tapi juga berprestasi di bidang olahraga. Dialah Jamaslin James Purba, mantan Ketua Umum Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) dua periode.

Dirinya bisa dikatakan sebagai sosok yang paripurna, tidak saja melalui prestasi demi prestasi yang ditorehkan, juga kepiawaiannya memimpin tim sepakbola advokat Indonesia di berbagai kancah dunia. Bahkan dirinya begitu menginspirasi berbagai pihak untuk ikut serta berpartisipasi dalam sejumlah turnamen kelas dunia.

Nama James Purba dikenal luas oleh kalangan advokat di Indonesia. Dalam berbagai kesempatan dirinya kerap disebut-sebut sebagai Tokoh Sepakbola Advokat Indonesia. Namun, dirinya dengan rendah hati selalu berujar, “Bagi saya sepak bola itu hobi. Kecintaan saya dengan dunia sepak bola membuat saya ingin terus menggelorakan sepakbola advokat di Indonesia,” ujarnya.

Sebagai pemain, James Purba telah mengecap keberhasilan menjadi bagian dari ILFC saat menjadi Juara Dunia Lawyers World Cup 2023 di Spanyol. “Tentu senang sekali ya bisa menjadi juara dunia di Spanyol. Ini turnamen yang berat karena lawan-lawannya dari berbagai negara di dunia. Tapi, Indonesia bisa membuktikan bisa memiliki tim sepakbola yang handal,” ujarnya kepada innews, di Jakarta, Senin (16/10/2023).

Seperti diketahui, di Lawyers World Cup 2023, James ikut menjadi pemain. Gaya James yang meliuk-liuk di lapangan, lantas memberi umpan matang membuat para penyerangnya dengan mudah menjebol gawang lawan.

James Purba, advokat senior yang selama ini membidani kecintaan sepakbola bagi para advokat di Indonesia

Tak hanya itu, dirinya juga pernah didaulat menjadi Manager Terbaik saat membawa PERADI FC pada Lawyers World Cup 2018, juga di Spanyol. “Benar, ketika itu saya terpilih sebagai Manager Terbaik di ajang Lawyers World Cup 2018, yang diadakan oleh Mundiavocat di Spanyol,” terangnya ketika dikonfirmasi.

James bersyukur sampai kini bisa tetap eksis mengawal tim sepak bola advokat Indonesia. Bahkan, dirinya ikut mensponsori keberangkatan tim football advokat Indonesia ke berbagai negara. “Kita harus membuktikan bahwa Indonesia juga bisa menjadi juata dunia sepak bola, meski hanya di level turnamen advokat dunia,” tukasnya.

Dirinya berharap, kiprah tim sepak bola advokat Indonesia akan terus berlanjut. “Paling dekat kita akan menghadapi Piala Asia Advokat 2024 di Phnom Penh, Kamboja, 17-21 Januari 2024. Di turnamen ini rencananya ada beberapa tim football advokat Indonesia yang akan turun,” bebernya.

Dia mengiyakan ketika ditanya, apakah ILFC akan ikut di Piala Asia 2024 nanti? “Rencananya kami akan ikut dan menurunkan tim terbaik agar bisa meraih Piala Asia,” ucap James optimis.

Bila itu terjadi, maka James sukses menyandingkan Piala Dunia dan Piala Asia. “Tentu merebut Piala Asia adalah target kami. Karenanya, kami akan berlatih keras dan berjuang agar Piala Asia bisa kita bawa ke Tanah Air,” pungkasnya. (RN)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan