Partahi Sihombing, advokat senior di Ibu Kota sekaligus Dewan Penasihat Peradi SAI

Jakarta, innews.co.id – Kombinasi advokat senior dan milenial yang begitu kontras pada pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia Suara Advokat Indonesia (DPN Peradi SAI), disambut baik oleh Partai Sihombing, advokat senior di Ibu Kota.

“Kombinasi milenial dan advokat senior, ditambah tokoh-tokoh nasional yang duduk sebagai ad-hoc menjadi sebuah kekuatan untuk melangkah di era serba digital ini,” ujar Partahi kepada innews, Minggu (14/2/2021).

Menurutnya, generasi milenial relatif sudah akrab dengan transformasi digital dan teknologi informasi. “Saya sangat berharap teknologi informasi dapat menjadi pilar untuk membangun organisasi advokat yang progresif dan modern,” imbuh pemilik kantor advokat Partahi Sihombing & Rekan di bilangan Jakarta Selatan ini.

Terkait peningkatan kualitas advokat, Partahi menilai, program Peradi SAI saat ini diarahkan dua fokus yakni, adanya standar kelulusan; dan adanya keunggulan lebih. Soal standar kelulusan, sambungnya, Peradi SAI berupaya menerapkan kelulusan dengan nilai 7 keatas. Sementara, keunggulan lebih yang dimaksud adalah dengan pengembangan CLE (Continuing Legal Education). Dalam hal ini, Peradi SAI sudah bekerjasama dengan the Asia Foundation. “Kedepan, tentu kita akan kembangkan kerja sama lainnya dengan berbagai pihak sesuai kebutuhan yang ada,” jelasnya.

Secara khusus, dirinya mengucapkan selamat untuk para advokat yang duduk pada kepengurusan DPN Peradi SAI. Partahi mengingatkan, teknologi harus benar-benar digunakan untuk kepentingan pembangunan organisasi, termasuk pembangunan database, mengefektifkan komunikasi, dan mendorong organisasi advokat lebih transparan.

“Saya berharap organisasi advokat kian mumpuni, tidak saja menghasilkan pengacara-pengacara yang handal, tapi juga mampu melakukan pendampingan hukum, baik dengan masyarakat luas maupun guna menyelesaikan berbagai persoalan yang muncul,” pungkasnya. (RN)