Indikator Politik Indonesia menilai Ganjar Pranowo dan Erick Thohir adalah pasangan Capres-Cawapres yang pas untuk Pilpres 2024 nanti

Jakarta, innews.co.id – Kandidat Capres-Cawapres yang tepat pada Pilpres 2024 adalah Ganjar Pranowo berduet dengan Erick Thohir. Keduanya dinilai akan bisa saling melengkapi dan dari sisi perolehan suara juga akan saling membantu. Di sisi lain, elektabilitas keduanya saat ini cukup tinggi.

Hal tersebut secara lugas dikatakan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, saat menyampaikan hasil Survei Nasional periode 30 Oktober-5 November 2022, di Jakarta, Kamis (1/12/2022).

“Jika Pak Ganjar ingin memperkuat basis pemilih NU dan Muslim, maka Erick Thohir merupakan pasangan yang tepat,” kata Burhanuddin.

Sosok Menteri BUMN ini dikenal sebagai pemimpin yang memiliki kedekatan bersama NU struktural maupun kultural atau Nahdliyin. Juga, menteri kepercayaan dan andalan Presiden Jokowi adalah kader terbaik NU dan sebagai Anggota Kehormatan Banser.

“Tak hanya itu, Erick Thohir juga bekerja nyata, membantu meningkatkan kesejahteraan NU dan Nahdliyin. Di struktural, ia membantu mendirikan 250 BUMNU di seluruh Indonesia. Sedangkan di lingkup Nahdliyin, Erick Thohir gencar merealisasikan program Santri Magang di BUMN, Santripreneur, Pesantrenpreneur, Pertashop khusus Pesantren, Beasiswa Santri dan TJSL BUMN,” bebernya.

Erick Thohir juga berstatus sebagai Ketua Umum (Ketum) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan berhasil mendirikan Bank Syariah Indonesia (BSI) dari hasil merger bank-bank syariah milik BUMN. Bersamaan dengan itu, Erick Thohir juga mengembangkan industri halal Indonesia dengan mengekspor kopi ke Oman dan Maseri, begitu juga dengan rempah yang diekspor ke Ghana. “Karya-karya Erick Thohir banyak menyedot dukungan dari basis NU dan pemilih Muslim Indonesia. Kerja nyata di bidang ekonomi syariah tersebut hanya segelintir dari banyaknya kerja nyata yang dimiliki Erick Thohir dalam membantu pemerintahan Presiden Jokowi,” imbuhnya.

Burhanuddin menambahkan, dengan track records seperti itu akan mendorong pemilih Ganjar sebanyak 19,2 persen setuju bila Erick Thohir disandingkan sebagai Cawapres di Pilpres 2024 mendatang, berdasarkan hasil temuan Indikator. (RN)