Penyerahan pataka dari Sihol Situngkir Plt Ketua DPW KMDT Sumut kepada Ketua KMDT Kota Sibolga terpilih Jamil Zeb Tumori

Sibolga, innews.co.id – Mengambil tempat di Gedung Terminal Penumpang Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara, jajaran pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) Kota Sibolga periode 2021-2025 dilantik oleh Pelaksana Tugas Ketua DPW KMDT Sumatera Utara, Sihol Situngkir, Jumat (29/10/2021) lalu.

Pelantikan Pengurus DPD KMDT Sibolga protokol kesehatan ketat tersebut berjalan hikmat penuh kekeluargaan. Sebelum dilantik, para pengurus ditanyakan kesiapannya untuk membangun KMDT di Sibolga dan serempak menyatakan, siap.

Dalam sambutannya, Sihol Situngkir mengatakan Sibolga sudah melahirkan orang-orang hebat dan dibanggakan. “Kita semua sangat bangga melihat dan menyaksikan para pengurus DPD KMDT Sibolga. Tentu saja Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah tak luput sebagai penunjang majunya Danau Toba yang merupakan anugerah dari Tuhan,” ujar Sihol.

Sementara itu, Ketua KMDT Kota Sibolga terpilih Jamil Zeb Tumori mengatakan Sibolga atau daerah hinterland di sekitar Danau Toba seperti Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kepulauan Nias, akan ikut diuntungkan apabila Danau Toba menjadi pariwisata kelas dunia.

“Bisa saja wisatawan berenang di Danau Toba, namun menginap di Sibolga untuk kemudian bisa menikmati pesona laut,” kata Jamil.

Ketua DPD Partai Golkar Sibolga itu juga mengatakan, semangat pariwisata Danau Toba mau tidak mau harus terus digaungkan, salah satunya lewat KMDT. “KMDT bukan organisasi politik akan tetapi komite masyarakat dalam meningkatkan ekonomi kreatif mendukung wisata,” imbuhnya.

Sementara itu, secara online Ketua Umum DPP KMDT Edison Manurung yang baru saja kembali dari Papua memberikan ucapan selamat kepada pengurus yang terpilih. “Harapannya, para pengurus bisa bekerja keras dan memberi pengabdian serta loyalitas untuk memajukan pariwisata, tidak hanya di Danau Toba, tapi juga di Sibolga,” seru Edison.

Dia juga menyampaikan salah satu program KMDT yakni ‘Segitiga Emas Wisata Danau Toba Mendunia’ yakni meningkatkan kunjungan wisatawan di Danau Toba, Sibolga, dan Nias. “Ini menjadi ikon dan program unggulan kita dan harus disosialisasikan kepada para stakeholders dan masyarakat,” pinta Edison.

Pada kesempatan tersebut, panitia juga menyerahkan bantuan 40 karung beras berukuran 5 kg kepada masyarakat yang membutuhkan. Pengurus DPD KMDT Sibolga di antaranya, Ketua Jamil Zeb Tumori, Sekretaris Pdt Sumitro Pasaribu MTh, Bendahara Yahya Hutabarat. (RN)