Robertho Manurung Pengamat sosial politik

Jakarta, innews.co.id – Proses pemilihan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, telah memasuki babak akhir. Tiga nama telah diajukan yang dinyatakan lulus tes akhir telah diajukan ke Presiden Joko Widodo, untuk selanjutnya dipilih.

Ketiga nama tersebut adalah Sri Haryati (Pelaksana Tugas Sekda DKI Jakarta), Marullah Matali, Lc., M.Ag (Wali Kota Jakarta Selatan), dan Sigit Wijatmoko (Wali Kota Jakarta Utara).

“Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap pemenang uji kepatutan yang lain, dari ketiga nama itu, yang paling layak menduduki jabatan sebagai Sekda Provinsi DKI Jakarta adalah Sigit Wijatmoko,” ujar Robertho Manurung pengamat politik dan sosial kemasyarakatan dalam rilisnya kepada innews, Sabtu (9/1/2021).

Dirinya mengatakan, pertimbangannya dari sisi karir, Sigit sangatlah pas. “Beliau pernah menduduki jabatan dari tingkat kecamatan, kota administrasi (wilayah), hingga Provinsi yaitu, Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan/Wakil Kepala Dinas Perhubungan. Sampai terakhir menjabat Wali Kota Jakarta Utara. Selain itu, Sigit juga pernah menjadi ajudan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso,” terang Robertho yang juga pernah aktif di birokrasi, Pemda DKI dan Pemda Jawa Tengah ini.

Dari berbagai pengalaman tersebut, sambung Robertho, seorang Sigit tentu sangat memahami administrasi, pelelangan barang dan jasa, terutama membantu Gubernur/Wakil Gubernur dalam menjalankan tugasnya.

Ditambahkannya, Sigit juga selama ini dikenal sebagai sosok yang cerdas dan disiplin, serta punya pemikiran dan terobosan yang memang dibutuhkan dalam pengelolaan Ibu Kota ini. Pun dari sisi usia terbilang mumpuni. “Kehadiran Sigit sebagai Sekda DKI tentu diyakini mampu menggerakan kinerja aparatur serta berbagai program kerja dan kerjasama melalui koordinasi dengan anggota DPRD,” tambahnya lagi. (RN)