Logo KMDT

Jakarta, innews.co.id – Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) kian menancapkan tajinya di Tanah Papua. Setelah sebelumnya melantik kepengurusan di wilayah Wamena, dalam waktu dekat, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KMDT akan mengukuhkan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi Papua.

“Kepengurusan DPW KMDT Papua sudah dibentuk dan akan segera dilantik,” kata Edison Manurung Ketua Umum DPP KMDT dalam siaran persnya yang diterima innews, Minggu (11/7/2021).

Edison Manurung, SH., MM., sesaat sebelum meninggalkan Tanah Air

Menurutnya, KMDT tidak hanya berkiprah di Sumatera Utara dan Jakarta, tapi sudah merambah hingga ke ujung timur Indonesia. “Ini menjadi bukti komitmen kuat KMDT untuk membangun Indonesia seutuhnya,” jelas Edison lagi.

Ditambahkannya, keberadaan KMDT hingga ke Tanah Papua juga sekaligus mendorong, baik warga Batak maupun orang asli Papua untuk mengunjungi Danau Toba. “Danau Toba milik Indonesia. Karenanya, sudah sepantasnya seluruh anak bangsa bisa berkunjung dan melihat keindahan danau vulkanik terbesar di dunia tersebut,” imbuhnya.

Khusus di bumi Cendrawasih, sambung Edison, diharapkan para pengurus fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) Papua. “Orang Papua dikenal cerdas. Untuk itu, harus diberikan ruang seluas-luasnya agar mereka dapat mengenyam pendidikan yang tinggi. Dengan begitu, kelak mereka dapat membangun Papua menjadi lebih maju lagi,” tukasnya.

Edison Manurung Ketua Umum DPP KMDT bersama Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Gedung MPR/DPR, Jakarta, beberapa waktu lalu

Apa yang dilakukan KMDT di Tanah Papua juga sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo yakni, bagaimana menjadikan daerah tersebut maju dan berkembang, sama dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia. “Pemerataan pendidikan harus dirasakan oleh orang Papua. Untuk itulah KMDT hadir,” seru Edison.

Duduk di jajaran kepengurusan KMDT DPW Provinsi Papua, sesuai SK DPP KMDT nomor 115/SK/DPP-KMDT/VII/2021, antara lain, Hulman Sitinjak, SE., MM (Ketua), Manogar Sirait, S.IP (Wakil Ketua I), Mardin Manurung, SE., M.Si (Wakil Ketua II), Ir. Darwin Tobing, M.Si (Wakil Ketua III), Kenan Sipayung, SP., M.Si (Sekretaris Umum), Donal Maryo Marbun, SE (Wakil Sekretaris I), Trico Werly Mariandi Purba (Wakil Sekretaris II), Rudi Hartono Sihombing, SH (Bendahara Umum), dan Drs. Robin Sinambela (Wakil Bendahara).

Penyerahan pataka dari Ketum DPP KMDT Edison Manurung kepada Ketua DPD Jayawijaya Godlief Sihombing

Sementara itu, Gubernur Papua bertindak sebagai Dewan Pelindung bersama Wakil Gubernur, Rektor Universitas Cendrawasih, Kepala Kejaksaan Tinggi, Ketua Pengadilan Tinggi, Kapolda, Pangdam XVII/Cendrawasih, Ketua DPRP dan Ketua MRP.

Tidak itu saja, Ir. Gading Butar-butar didaulat sebagai Koordinator Dewan Penasihat, Prof. Dr. Happy Lumban Tobing (Koordinator Dewan Pakar), dengan 9 bidang yang akan mengimplementasikan program-program kedepannya. (RN)