David Kamil Ketua Gading Auto Center yang juga pemilik brand Performa Auto yang berada di GAC dan Bursa Mobil 1, Kelapa Gading

Jakarta, innews.co.id – Melandainya kasus positif Covid-19 mendorong kenaikan tingkat penjualan mobil bekas (mobkas). Meski begitu, pembatalan PPKM Level 3 diprediksi tidak akan mempengaruhi penjualan mobkas secara signifikan. Hal ini lantaran ada rencana pemberlakuan ganjil genap di sejumlah tempat.

“Kami berterima kasih kepada pemerintah yang tekah memutuskan pembatalan penerapan PPKM Level 3 di masa Natal dan Tahun Baru. Hanya saja, hal tersebut mungkin tidak akan terlalu berdampak karena ada penerapan ganjil genap,” kata David Kamil Ketua Gading Auto Center (GAC) komunitas pedagang mobkas di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara, kepada innews, Minggu (12/12/2021).

David Kamil Ketua Gading Auto Center (GAC) komunitas pedagang mobil bekas (mobkas) sekaligus owner brand Performa Auto yang berada di GAC dan Bursa Mobil 1, Kelapa Gading

Dikatakannya, sejak kasus positif Covid-19 turun, penjualan mobkas sudah mulai menggeliat. Ini terbukti dengan naiknya tingkat penjualan, mencapai 20 persen. “Ada kenaikan sekitar 20 persen,” aku David yang juga pemilik brand Performa Auto yang berada di GAC dan Bursa Mobil 1, Kelapa Gading ini.

Dia menjelaskan, jelang akhir tahun ini, peminat mobkas mulai berdatangan. Kebanyakan mereka meminati jenis mobil family car, seperti Innova, Avanza, dan Hyundai Palisade.

“Dari sisi penjualan mobkas cenderung membaik. Bahkan, kendaraan baru sampai harus indent,” terangnya.

David Kamil Ketua Gading Auto Center (GAC) komunitas pedagang mobil bekas (mobkas), sayangkan kebijakan pemerintah terkait larangan mudik

Bagi David, penerapan ganjil genap yang rencananya diberlakukan di masa Nataru, tentu akan mempengaruhi juga penjualan mobkas. “Meski PPKM Level 3 dibatalkan, tapi diterapkan ganjil genap, penjualan mobkas tidak akan terdongkrak naik,” ujarnya memprediksi.

Disinggung soal keinginan pemerintah memperpanjangan relaksaksi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) di 2022, bahkan mempermanenkan, David beranggapan, penjualan kendaraan baru pasti akan naik. Tidak demikian dengan penjualan mobkas. “Kami berharap, pemerintah lebih bijaksana dalam menerapkan aturan. Sebab, bisnis mobkas juga telah menjadi sektor usaha yang besar dan memberi pendapatan pajak bagi negara,” katanya.

Di akhir tahun ini, Performa Auto menerapkan program cabut berkas untuk pembeli luar daerah secara gratis. “Ini berlaku bagi pembeli yang langsung deal sebelum Januari 2022,” imbuhnya. Selain itu, bagi pembeli dari Jakarta dan sekitarnya, diberikan fasilitas free polish seumur hidup selama mobil dipakai. (RN)