Mobil Vaksin Merdeka Keliling PERADI-SAI yang menyasar permukiman padat penduduk di wilayah Jakarta Selatan

Jakarta, innews.co.id – Sebagai bentuk perhatian dan dukungan terhadap program vaksinasi nasional, Perhimpunan Advokat Indonesia Suara Advokat Indonesia (Peradi SAI) bersama Polres Metro Jakarta Selatan menggelar Vaksin Merdeka Keliling di permukiman padat penduduk.

Vaksinasi Covid-19 ini diselenggarakan pada 3-16 Agustus 2021, pukul 08-12.00, 13.00-16.00, dan 19.00-22.00. “Melihat kondisi masyarakat yang belum banyak terlayani vaksin Covid-19, apalagi adanya keengganan di kalangan masyarakat melakukan vaksin, Peradi SAI bersama Polres Metro Jakarta tergerak untuk melaksanakan vaksinasi massal dengan tujuan agar masyarakat di wilayah tersebut segera mencapai herd immunity (kekebalan komunal),” kata Ketua Umum Peradi SAI Dr. Juniver Girsang, Jumat (6/8/2021).

Dr. Juniver Girsang, SH., MH., Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia Suara Advokat Indonesia (DPN Peradi SAI)

Dikatakannya, vaksinasi yang diadakan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dilaksanakan secara keliling dengan mobil Peradi-SAI dan langsung menyasar ke kampung-kampung serta pemukiman padat penduduk di wilayah hukum Polres Jaksel.

“Vaksinasi merdeka keliling akan menyasar lebih kurang 133 titik, yang belum menerima vaksin. Layanan vaksin merdeka keliling hari pertama dilakukan Selasa (3/8) malam, pukul 19.00-22.00 bertempat di Rumah Pak RW 7 Ulu Jami, Jakarta Selatan, disambut luar biasa oleh masyarakat setempat yang akan mengikuti vaksin. Dalam waktu 3 jam 100 orang tervaksin dan menerima paket sembako,” terangnya.

Juniver menambahkan vaksinasi merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19, selain menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Apalagi saat ini tengah berkembang varian baru Covid-19 dan menular lebih cepat dengan dampak yang lebih berat. Untuk itu, vaksinasi diharapkan menjadi salah satu upaya dalam menekan penularan virus ini. “Oleh karena itu, melalui inisiatif penyediaan mobil vaksin keliling ini diharapkan dapat membantu percepatan program vaksinasi nasional, mengurangi potensi kerumunan pada saat proses vaksinasi Covid-19, serta dapat menjangkau wilayah yang padat dan terpencil,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah mengatakan, pihaknya menyambut baik kolaborasi yang dilakukan Peradi-SAI dalam penyediaan mobil vaksin merdeka keliling di wilayah Jakarta Selatan. “Keberadaan mobil vaksin keliling seperti ini sangat membantu, khususnya warga yang tidak memiliki transportasi maupun para warga lansia, sehingga mereka tidak perlu lagi repot-repot mencari tempat vaksinasi Covid-19,” jelasnya.

Dengan cara seperti ini, sambung Kapolres, diharapkan target vaksinasi terhadap 7,5 juta warga DKI Jakarta pada akhir Agustus 2021 dapat segera tercapai. “Sebentar lagi kita menyambut kemerdekaan dengan semangat merdeka dari Covid 19,” pungkasnya. (RN)