Satgas Madago Raya di Poso terus memburu Kelompok MIT pelaku pembunuhan 4 petani asal Toraja

Jakarta, innews.co.id – Polisi melalui Satgas Madago Raya masih terus mengejar Kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinanĀ Ali Kalora, yang diduga sebagai pelaku pembantaian empat warga asal Toraja di Poso, beberapa waktu lalu.

Menurut Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, pengejaran terhadap kelompok teroris MIT terus dilakukan. Namun, ia tak menampik banyak tantangan dalam melakukan perburuan itu, salah satunya adalah soal geografis wilayah.

“Ya tentunya kan kita ada Satgas di sana ya. Ada Satgas yang ada di Poso. Dan kalau teman-teman lihat bahwa di sana itu geografisnya tidak sama seperti kami bayangkan di Jakarta, maupun di tempat lain yang tidak banyak tantangan,” kata Argo, Jakarta, Selasa (18/5/2021).

Menurut Argo, kelompok MIT selalu lari ke gunung-gunung. Sehingga, diperlukan persiapan yang matang bagi personel dalam melakukan pengejaran jaringan itu dalam pelariannya.

“Di sana ada gunung yang kalau di atas gunung itu kadar oksigennya berkurang. Tidak semua personel bisa naik ke sana. Dan kondisi badan, tubuh, yang harus disesuaikan dengan kondisi di lapangan di sana,” kata Argo.

Terkait penyerangan MIT, Argo menyebut bahwa TNI-Polri masih terus melakukan pengejaran dan melakukan pemeriksaan terhadap beberapa saksi-saksi yang mengetahui peristiwa tersebut.

“Dan tentunya dengan adanya kemarin kejadian yang menewaskan warga, dari sejumlah saksi, kami bisa tahu bahwa hal itu dilakukan oleh Kelompok MIT. Dalam pengejaran tentunya Polri dibantu TNI untuk melakukan pengejaran yang bersangkutan,” kata Argo. (RN)