PP INI gelar jumpa pers terkait mafia tanah di Jakarta, Minggu (21/11/2021)

Jakarta, innews.co.id – Rencana pemeriksaan kembali notaris yang diduga tersangkut mafia tanah dalam kasus Nirina Zubir oleh penyidik Polda Metro Jaya pada Senin besok, akan didampingi oleh Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP INI).

Ini dikatakan Agung Iriantoro anggota Majelis Pengawas Pusat Notaris (MPPN) dalam jumpa pers di Sekretariat PP INI, Jakarta, Minggu (21/11/2021). “Sejauh ini kami akan mendampingi satu orang notaris yang kabarnya akan diperiksa penyidik PMJ,” kata Agung.

Dia mengatakan, pihaknya akan menjelaskan peran notaris dalam sebuah proses terjadinya pembuatan akta otentik. “Tentu kami akan menerangkan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab notaris sebagai pejabat publik sesuai UU Jabatan Notaris,” jelasnya.

Sementara itu, Tri Firdaus Akbarsyah Sekretaris Umum PP INI meminta masyarakat untuk tidak membuat stigma negatif dan menggeneralisir bahwa notaris itu selalu tersangkut dalam mafia tanah. “Kalau pun ada yang terlibat itu oknum saja. Bahkan, kami sudah memberikan punishment bilamana seorang notaris terlibat melakukan tindakan tidak terpuji, mulai dari hukuman ringan sampai berat berupa pemecatan,” ujarnya.

Di sisi lain Yualita Widyadhari Ketua Umum PP INI menjelaskan, sebagai pejabat publik notaris diberi kewenangan untuk melakukan tugas-tugasnya dan dilindungi oleh Undang-Undang. “Kami (PP INI) secara rutin melakukan pengontrolan terhadap kinerja para notaris. Namun, dengan jumlahnya berkisar 20.000 notaris di Indonesia, tentu ini bukan pekerjaan mudah,” pungkasnya. (RN)