Padang, innews.co.id – Pita Putih Indonesia (PPI) secara konsisten dan aktif terus bergerak ke berbagai daerah dalam rangka mensosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat (germas) dan pencegahan stunting.

Seperti yang dilakukan di Sumatera Barat, di mana PPI mengadakan komitmen bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan organisasi kemasyarakatan lainnya untuk merealisasikan Germas dan Pencegahan Stunting, di Hotel Premier Basko, Padang, Rabu (15/10).

Acara pelantikan Pengurus PPI Sumbar yang dilakukan oleh Ketum PPI Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd

Acara tersebut dikemas dalam bentuk Pertemuan Orientasi Fasilitator Dalam Penggerakan Masyarakat dan Kelompok Binaan untuk Mendukung Optimalisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Pencegahan Stunting di Sumatera Barat. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Ketum PPI Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., dan Gubernur Sumbar yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Sumbar Hj. Dr. Merry Yuliesday MARS.

Dalam komitmen bersama itu disampaikan bahwa hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesda) 2013, di Sumatera Barat, status gizi balita untuk kategori sangat kurang mencapai 6,9 persen, gizi kurang 14,3 persen. Untuk balita sangat pendek sekitar 18,4 persen dan balita pendek 20,8 persen.

Para pengurus PPI Sumbar yang baru dilantik

Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya stunting dan penyakit-penyakit lainnya, diharapkan masyarakat dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan promotif dan preventif, terutama yang berhubungan dengan pemenuhan gizi seimbang dan perubahan perilaku hidup sehat pada masyarakat.

Tidak itu saja, optimalisasi Germas dan pencegahan stunting menjadi suatu keharusan. Guna mendukung hal tersebut, maka peran para pemangku kebijakan sangatlah besar ditambah dukungan dari ormas seperti Pita Putih Indonesia (PPI) Sumatera Barat.

Ketua Umum PPI Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., memberikan sambutan

Pada kesempatan tersebut, Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., melantik Pengurus PPI Sumbar yang dipimpin oleh Hj. Wartawati Nasrul Abit yang tidak lain adalah istri Wakil Gubernur Sumbar.

Dalam sambutannya Ketum PPI yang sekaligus Ketum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) dan Vice President International Council of Women (ICW), Dr. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., mengharapkan para pengurus PPI Sumbar dapat bekerja lebih proporsional dan profesional.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar Hj. Dr. Merry Yuliesday MARS membacakan Sambutan Gubernur Sumbar

Ini penting agar kegiatan PPI Sumbar dapat berjalan lancar di mana seluruh pengurus PPI-nya selalu solid.

“Dukunglah opimalisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Pencegahan Stunting,” seru Giwo Rubianto dengan penuh semangat. (RN)