Hj. Diana Dewi Ketua Umum KADIN DKI Jakarta (paling kiri) bersama Arsjad Rasyid (Ketua Umum KADIN Indonesia) usai menyerahkan 100 tabung oksigen ke Pemprov DKI yang diterima langsung Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria, Kamis (8/7/2021)

Jakarta, innews.co.id – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali, 3-20 Juli 2021, sudah barang tentu membuat banyak pengusaha mengalami stagnasi dalam menjalankan roda bisnisnya. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan para pengusaha untuk turut serta membantu pemerintah dalam menangani pandemi ini.

Seperti yang dilakukan para pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Provinsi DKI Jakarta. Ketua Umum Kadin DKI Hj. Diana Dewi tiada lelah mengajak para anggota Kadin untuk bahu-membahu membantu pemerintah dan masyarakat secara langsung. Seperti yang dilakukan Kamis, 8/7/2021, dimana Kadin DKI menyerahkan 100 tabung oksigen berkapasitas 6 meter kubik kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, untuk selanjutnya disalurkan ke rumah sakit dan puskesmas di Ibu Kota.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bersama Hj Diana Dewi (Ketua Umum KADIN DKI Jakarta) dan Arsjad Rasyid (Ketua Umum KADIN Indonesia tengah menyaksikan pemberian vaksin kepada masyarakat di PPKD Jakarta Timur, Kamis (8/7/2021). Acara vaksinasi ini digagas oleh KADIN DKI Jakarta

“Kondisi perekonomian tentu mengalami pelambatan dengan diterapkan PPKM Darurat Jawa-Bali. Meski begitu, komitmen Kadin DKI dalam mendukung upaya pemerintah memberantas Covid-19, tidak akan surut,” kata Diana Dewi kepada innews, di Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Timur. Kamis (8/7/2021).

Menurut Diana, mendorong perekonomian terus menggeliat memang penting. Hanya saja, kesehatan masyarakat lebih penting. Sebab, akan sulit juga perekonomian berputar, bila masyarakatnya tidak sehat.

Diana yang juga owner Toko Daging Nusantara ini mengatakan, saat ini angka positif Covid-19 masih tinggi. Bahkan, ruang-ruang perawatan di berbagai tempat semakin menipis. Kebutuhan oksigen juga meningkat. Karenanya, Kadin DKI berinisiatif menyumbangkan tabung oksigen. “Nantinya Pemprov yang memiliki kewenangan untuk menyalurkan kepada pihak rumah sakit maupun puskesmas mengingat Pemprov DKI lebih tahu skala prioritas rumah sakit dan Puskesmas mana saja yang lebih membutuhkan,” jelas Diana.

Hj. Diana Dewi, SE., Ketua Umum Kadin Provinsi DKI Jakarta diangkat sebagai Komisaris Independen PT Angkasa Pura Supports, Jum’at (26/2/2021)

Selain menyumbangkan 100 tabung oksigen, Kadin DKI juga memfasilitasi percepatan vaksinasi kepada warga, dengan menyiapkan 3 mobil vaksin keliling lengkap dengan 3 tim nakes. Hingga kini, tercatat Kadin DKI telah memvaksin lebih dari 5.000 orang.

“Walaupun dalam posisi dilematis bagi teman-teman pengusaha di masa pandemi seperti ini, kami sebagai bagian dari warga masyarakat akan berupaya semaksimal dan seikhlas mungkin untuk mengakhiri pandemi Covid-19 di negeri ini,” katanya.

Pada kesempatan yang sihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasyid, Kadin DKI juga menyerahkan bantuan berupa 4.500 masker, APD bagi kelompok masyarakat rentan, serta sejumlah bantuan bagi masyarakat yang positif Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri (isoman).

Atas bantuan yang diberikan Kadin DKI, Wagub Riza Patria menyampaikan rasa terima kasih atas peran aktif Kadin DKI membantu meringankan Pemprov DKI dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Diana juga berharap agar masyarakat bisa benar-benar mematuhi protokol kesehatan sehingga angka penularan Covid-19 bisa ditekan. Begitu juga para pengusaha untuk mentaati aturan PPKM Darurat secara benar. “Bila semua bisa diikuti dengan penuh kedisiplinan, insya Allah kita bisa melewati pandemi ini dan ekonomi bisa kembali normal,” pungkas Diana. (RN)