Koperasi Produsen Agro Niaga (KAN) Jabung Syariah berhasil memasarkan produk pakan ternak ke pasar internasional. Pengiriman perdana ke Brunei Darussalam dilakukan pada 30 April lalu

Malang, innews.co.id – Koperasi Produsen Agro Niaga (KAN) Jabung Syariah berhasil memasarkan produk pakan ternak ke pasar internasional. Pengiriman perdana ke Brunei Darussalam dilakukan pada 30 April lalu.

Volume produk dengan brand JABFeed ini sebesar 52.500 kg. Rencananya pengiriman akan berkelanjutan sesuai permintaan costumer. KAN Jabung Syariah mempunyai usaha inti sapi perah dan unit usaha Pusat Produksi Pakan Ternak.

Awalnya, produksi pakan ternak hanya untuk mencukupi kebutuhan anggota. Seiring perkembangannya, Sapronak (Pusat Produksi Pakan Ternak) juga melayani penjualan pihak eksternal. Di samping konsentrat, unit ini juga menyediakan kebutuhan sarana peternakan lainnya seperti susu pedet, ember perah, milk can (kaleng susu), karpet sapi, dan sebagainya.

Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi sangat mengapresiasi dan mendukung ekspor tersebut yang merupakan bukti komitmen kuat serta kerja keras KAN Jabung Syariah Jawa Timur.

“Hal ini sejalan amanat RPJMN Tahun 2020-2024 untuk meningkatkan kapasitas, jangkauan dan inovasi koperasi melalui strategi transformasi berupa modernisasi koperasi,” kata Zabadi dalam rilisnya yang diterima innews, Minggu (2/5/2021).

Zabadi menambahkan, pemerintah juga telah berupaya untuk melakukan kemudahan, pelindungan, dan pemberdayaan bagi Koperasi dan UKM dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021.

“Ke depan kami sangat berharap akan banyak terwujudnya kemitraan yang saling menguntungkan antara koperasi dengan perusahaan besar dan koperasi besar sebagai Off-taker. Keberhasilan KAN Jabung Syariah Jawa Timur juga dapat menjadi benchmarking bagi koperasi sektor riil lainnya dalam mengembangkan usaha koperasi,” pungkas Zabadi. (RN)