Blitar, innews.co.id – Kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah pada pesta olahraga terbesar di Asia pada tahun 1962 masih membekas. Hal ini diharapkan bisa terulang lagi di tahun 2018 ini, bahkan bisa lebih sukses lagi.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani berharap Asian Games 2018 dapat sesukses Asian Games 1962. Pada saat itu, Indonesia juga menjadi tuan rumah, dan bahkan menjadi runner-up di bawah Jepang yang menjadi juara umum.

“Mari kita bersama, apakah itu pemerintah pusat dan daerah, atlet dan pelatihnya, hingga masyarakat dapat menyukseskannya penyelenggaraan Asian Games tahun ini,,” pinta Puan seusai menjalani proses pawai obor Asian Games di makam Bung Karno, Blitar, Jawa Timur, Jumat (20/7).

Puan menambahkan, saat ini persiapan Indonesia dari sisi arena pertandingan sudah mencapai 99 persen. Pemerintah pun sedang mengadakan rangkaian acara untuk mempromosikan Asian Games ke seluruh wilayah Tanah Air, salah satunya melalui acara pawai obor yang dimulai di Yogyakarta pada Rabu (18/7).

Setelah dari Yogyakarta dan beberapa kota di Jawa Tengah, obor Asian Games di bawa ke Jawa Timur dengan Blitar sebagai kota pertama yang disinggahi. Obor yang dibawa oleh mantan atlet tenis meja nasional dan olimpian, Ling Ling Agustin, kemudian diserahkan ke Puan yang sudah menunggu di makam Bung Karno. (BT)