Jakarta, innews.co.id – Didaulatnya PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance), sebagai perusahaan Asuransi Terbaik 2021, oleh Majalah Investor, untuk kategori kelompok asuransi umum dengan aset di atas Rp 5 triliun, Selasa, 21 September 2021, merupakan buah dari kerja keras dan kerjasama semua pihak.

Presiden Direktur Tugu Insurance Indra Baruna menyampaikan apresiasi terhadap penghargaan ini. “Terima kasih dan apresiasi terhadap penghargaan ini. Tentu ini tak lepas dari kerja sama dan kerja keras yang baik dari jajaran atas hingga bawah. Meski kondisi sulit, namun spirit kerja yang dikembangkan di Tugu Insurance mendorong kami semua untuk berbuat yang terbaik,” jelasnya.

Ada 15 kriteria dalam menetapkan pemeringkatan yakni, pertumbuhan aset average, pertumbuhan jumlah investasi rata-rata, pertumbuhan ekuitas rata-rata, pertumbuhan premi penutupan langsung, pertumbuhan premi neto rata-rata, pertumbuhan hasil underwriting rata-rata, pertumbuhan hasil investasi rata rata, pertumbuhan laba bersih rata-rata, pangsa pasar premi neto tahun, rasio underwriting terhadap terhadap premi neto, rasio kecukupan investasi, TATO (total asset turn over), ROA (return on assets), ROE (return on equity), dan RBC (risk based capital).

Majalah Investor memberi penghargaan kepada 9 asuransi umum terbaik, di antara 22 perusahaan asuransi nasional. Salah satunya adalah Tugu Insurance.

Di semester I 2021, kinerja positif Tugu insurance masih berlanjut. Emiten anak perusahaan BUMN PT Pertamina (Persero) ini berhasil membukukan laba tahun berjalan sebesar Rp 142,43 miliar hingga Juni 2021, naik 44,7% dari Rp 98,42 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan laba perusahaan diantaranya dikontribusikan oleh adanya peningkatan pendapatan underwriting yang naik sebesar 5% dari Rp 944,3 miliar menjadi Rp 991,1 miliar dan peningkatan pendapatan investasi, termasuk bagian laba bersih entitas asosiasi, yang naik sebesar 29,6% dari Rp 122,1 miliar menjadi Rp 158,3 miliar dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2020.

Ketika dihubungi, Koeshartanto Komisaris Utama Tugu Insurance juga memberikan apresiasi terhadap penghargaan tersebut. “Tentu saja, kami bangga dan senang berhasil meraih penghargaan sebagai Asuransi Terbaik 2021. Selamat kepada direksi dan Tuguers (sebutan bagi komunitas Tugu Insurance) untuk capaian ini,” kata Koeshartanto, kepada innews, Kamis (23/9/2021).

Menurutnya, capaian tersebut tentunya hasil proses kerja keras dan kerjasama yang baik dari semua pihak selama ini. “Tentunya ini akan kian memacu kita semua untuk bekerja lebih baik lagi agar kedepan capaian demi capaian bisa kita raih,” ujarnya.

Koeshartanto yang juga Direktur Pertamina periode 2018 – Maret 2021 ini mengatakan, ini adalah suatu penghargaan, kepercayaan sekaligus kehormatan yang harus dijawab dengan kerja yang lebih baik lagi dan sudah semestinya. Keep it up!

Koehartanto juga menambahkan, Tugu Insurance juga telah mengambil peran mendukung program pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 dan percepatan. Melalui anak perusahaannya PMS bekerjasama dengan Pertamina Bina Medika IHC Indonesia Holding Hospital, pihaknya menyiapkan vaksin mobile dan lab mobile untuk menjangkau masyarakat guna percepatan vaksinasi.

Ditengah tantangan pandemi Covid-19, tidak hanya kinerja gemilang yang diperlihatkan Tugu Insurance, tapi juga kepedulian sosial dalam membantu percepatan vaksinasi kepada masyarakat, sekaligus mendukung program pemerintah. (RN)