Rakernas Perdana IPPAT Sukses Putuskan Kebijakan Strategis Organisasi

Rapat Kerja Nasional I Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT), yang diadakan Hotel Pangeran, Pekanbaru, Riau, 23-24 Maret 2022, dihadiri oleh Kapolda Riau

Jakarta, innews.co.id – Sejumlah kebijakan strategis berhasil diputuskan dalam Rapat Kerja Nasional I Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PP IPPAT), yang diadakan Hotel Pangeran, Pekanbaru, Riau, 23-24 Maret 2022.

“Rakernas telah memutuskan sejumlah kebijakan strategis untuk menata dan mengelola perkumpulan. Ini tentu akan memberi langkah positif bagi perkumpulan dan bermanfaat untuk seluruh anggota. Selain pengesahan Perkum, juga dibahas Rancangan Perkumpulan mengenai Magang, Pendampingan Terhadap Anggota IPPAT Yang Terkait Masalah Hukum dan Pengeloaan Keuangan Perkumpulan,” terang Dr. Hapendi Harahap Ketua Umum Pengurus Pusat (PP IPPAT), dalam keterangan resminya, Sabtu (26/3/2022).

Dia menjelaskan, sebagai perkumpulan yang telah memiliki anggota puluhan ribu, tentu sangat dibutuhkan peraturan internal. Pada Rakernas tersebut juga dibahas terkait Rancangan Perkumpulan mengenai Magang, Pendampingan Terhadap Anggota IPPAT Yang Terkait Masalah Hukum dan Pengeloaan Keuangan Perkumpulan.

Para pengurus dan peserta Rakernas I IPPAT di Riau

Dibahas pula terkait persoalan yang banyak dihadapi para anggota IPPAT. “Dengan diterbitkannya Peraturan Perkumpulan mengenai Pendampingan Anggota Yang Terkait dengan Masalah Hukum tersebut, anggota menjadi terlindungi atau terayomi dan bisa lebih nyaman dalam menjalankan tugas dan jabatannya,” urainya.

Sementara itu, Sekretaris Umum PP IPPAT Otty Hari Chandra Ubayani menjelaskan, sebagai sebuah agenda tetap organisasi, Rakernas memiliki nilai strategis dalam mengevaluasi sejauh mana implementasi program kerja serta memperkuat program-program selanjutnya.

“Ada banyak program kerja yang akan dilakukan, baik di tingkat pusat, wilayah, hingga daerah. Semua tentu membutuhkan kesolidan dan kebersamaan, baik dari para pengurus maupun anggota,” ujarnya.

PP IPPAT komitmen melayani anggota, terutama mereka yang tengah menghadapi persoalan hukum terkait kinerjanya

Untuk itu, Otty berharap para anggota bisa benar-benar fokus membangun organisasi. Kalaupun ada perbedaan, ujarnya, bisa kita diskusikan bersama untuk mencari jalan keluarnya. “Kehadiran perkumpulan itu jelas harus memberi manfaat bagi anggota. Hal ini akan terimplementasikan lewat program-program yang benar-benar bermanfaat bagi anggota tentunya,” pungkas Otty.

Selain Rakernas, juga diadakan upgrading bagi para ALB IPPAT. Pembekalan ini menjadi hal penting guna melengkapi para ALB agar menjadi PPAT yang handal. (RN)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan