Penandatanganan prasasti peresmian Kampung Toba di Yogyakarta disaksikan langsung oleh Ketum DPP KMDT Edison Manurung

Jakarta, innews.co.id – Membangun Indonesia tak bisa hanya sendiri, perlu sinergi dan kebersamaan dengan pihak lain. Realitas itu menjiwai Pemerintah Kota Yogyakarta dalam membangun persaudaraan dengan komponen bangsa lainnya.

Salah satunya dengan membuka Kampung Toba di Yogyakarta. Peresmian Kampung Wisata Tahunan Mitra Kampung Toba, dilakukan oleh Wali Kota Yogyakarta, dihadiri oleh jajaran pemerintah Kota Yogyakarta, Ketua Umum DPP Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) Edison Manurung dan jajarannya, dan undangan lainnya, di Depan Makam Ki Hajar Dewantara, Yogyakarta, Rabu (18/5/2022).

Acara peresmian Kampung Toba di Kota Yogyakarta yang meriah

Dalam sambutannya, Wali Kota Yogyakarta Drs. Haryadi Suyuti mengatakan bahwa Indonesia memiliki keberagaman yang sangat luar biasa sebagai pemberian dari Sang Pencipta. “Keberagaman itu harus dirawat dan dijaga dengan sebaik-baiknya. Salag satu menjaganya adalah dengan menjalin kerja sama dengan berbagai komponen bangsa, lintas budaya, lintas suku, dan lintas agama,” tuturnya.

Karena itu, dirinya menyambut baik kehadiran Kampung Toba di Kota Yogyakarta. “Ini merupakan bagian upaya kita untuk melestarikan budaya Indonesia yang kita cintai ini,” tuturnya.

Jajaran Pengurus KMDT Yogyakarta bersama Edison Manurung Ketum DPP KMDT dan Wali Kota Yogyakarta

Sementara itu, Edison Manurung mengaku terharu dengan keberadaan Kampung Toba di Kota Yogyakarta. “Sebagai orang Batak, kita patut berbangga dan senang atas penerinaan dan kesediaan Kota Yogyakarta meresmikan Kampung Toba. Bukan saja sebuah pengakuan, tapi juga wujud persaudaraan sejati yang harus selalu kita rawat bersama,” tuturnya.

Dirinya berharap dengan adanya Kampung Toba ini, maka salah satu visi-misi KMDT tercapai, yakni membangun sinergi antar-sesama anak bangsa dalam memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kampung Toba resmi hadir di Kota Yogyakarta

Edison mengajak semua pihak, khususnya orang Batak untuk bisa mengunjungi Kampung Toba di Yogyakarta. Sebelumnya, Wali Kota Yogyakarta telah melakukan road show ke Kawasan Danau Toba didampingi oleh KMDT.

Pada acara peresmian itu selain dilakukan penandatanganan di atas batu marmer, juga ditampilkan tari-tarian dari kedua daerah yang sangat memukau. (RN)