Dr. John Palinggi, MM., MBA., putra Toraja sekaligus dikenal sebagai pengusaha nasional

Jakarta, innews.co.id – Tidak bisa dipungkiri, baik pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 maupun 2019, Tana Toraja adalah lumbung suara Presiden Joko Widodo. Di daerah itu, Presiden Jokowi menang mutlak, jauh melebih rata-rata nasional. Itu menjadi bukti betapa masyarakat Toraja sangat mencintai sosok pemimpin yang sederhana dan bersahaja ini.

Rasa cinta rakyat Toraja pun kini berbalas. Presiden Jokowi merestui pembangunan Bandara Toraja dan rencananya pada 19 September 2020 nanti akan diresmikan bersama 8 bandar udara lainnya di Indonesia.

“Masyarakat Toraja tentu menyampaikan apresiasi dan berterima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Presiden dengan telah dibukanya Bandara Toraja. Ini sekaligus menandai dibukanya keterisolasian daerah tersebut yang dialami selama ini,” kata Dr. John Palinggi, MM., MBA., putra Toraja sekaligus dikenal sebagai pengusaha nasional ini kepada innews, Jumat (13/11/2020).

Dengan dibukanya bandar udara, John berkeyakinan akan meningkatkan perekonomian masyarakat, tidak hanya di Toraja, tapi juga daerah-daerah di sekitarnya. Tak terkecuali usaha mikro, kecil, dan menengah.

Demikian juga aspek kultural pasti akan berkembang. Seperti diketahui, budaya Tana Toraja termasuk salah satu yang tertua di Indonesia. Ada begitu banyak tradisi yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. “Dengan dibukanya bandar udara, maka akan memudahkan wisatawan asing, pun domestik untuk akses langsung ke Toraja,” tambah John yang juga Ketua Harian Bisma–wadah kerukunan antar-umat beragama ini.

Aspek pariwisata diyakini juga akan lebih berkembang karena tidak lagi membutuhkan waktu berjam-jam untuk sampai ke Tana Toraja. Kabarnya, jarak tempuh dari Makassar ke Toraja via udara hanya sekitar 50 menit.

Sekali lagi, John menghaturkan terima kasih untuk Presiden Jokowi dan kabinetnya. Juga kepada Gubernur Sulsel serta Bupati yang sangat mendukung direalisasikannya bandar udara di Toraja. “Ini bak mimpi yang indah bagi masyarakat di Toraja. Apa yang selama ini dicita-citakan bisa terwujud,” ujar John sumringah.

Sejauh ini, rencananya Presiden Jokowi akan terbang ke Tana Toraja untuk meresmikan langsung ke-8 bandar udara di Indonesia. Sempat juga beredar berita, Presiden RI akan meresmikan ke-8 bandar udara secara virtual. Namun, adalah lebih pas bila Presiden Jokowi bisa menyambangi Tana Toraja. Selain di wilayah tersebut relatif aman dari pandemi Covid-19, kehadiran Presiden Jokowi tentu akan membuat paripurna persembahan cintanya untuk rakyat Toraja. (RN)