Grand launching Museum SBY-ANI

Jakarta, innews.co.id – Pacitan, kampung halaman Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipilih sebagai tempat dibangunnya Museum dan Galeri Seni SBY dan mendiang istri Ani Yudhoyono.

Menurut Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), putra sulung SBY, tujuan dari pembangunan museum itu untuk memberikan pembelajaran-pembelajaran berharga bagi generasi bangsa.

“Selama 10 tahun, Pak SBY pernah memimpin negeri ini menjadi presiden, tapi jauh sebelum itu beliau juga telah mengabdi untuk bangsa dan negara, baik di dunia pemerintahan, di dunia militer, dan juga cerita inspirasi yang baik,” kata AHY dalam keterangan resminya, Jakarta, Sabtu (22/2).

Dikatakannya, Museum dan Galeri Seni SBY-Ani ini juga adalah harapan orangtuanya. “Harapan Pak SBY dan Almarhumah Ibu Ani bahwa tempat itu bukan hanya dikunjungi setiap saat, tapi menjadi daya tarik wisata di Pacitan,” kata AHY.

Saat ibundanya sakit, kata AHY, sampai dengan akhir hayatnya ingin memiliki harapan membangun Museum dan Galeri Seni.

“Oleh karena itu sekali lagi kami mohon doanya semoga Museum dan Galeri Seni SBY-Ani ini bisa di wujudkan untuk kebaikan kita semuanya,” kata AHY.

Museum dan Galeri Seni SBY-ANI dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektar, tepatnya berada di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Ploso, Pacitan, Jawa Timur.

Total luas bangunan museum dan galeri seni sekitar 7.500 meter persegi. Museum ini akan dibuka bagi masyarakat umum dan harapannya bisa dinikmati oleh publik pada 2022 nanti. (RN)