Edison Manurung Ketua Umum DPP KMDT tengah mengadakan audiena dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Jakarta, beberapa waktu lalu

Jakarta, innews.co.id – Sejak awal dibentuk, 29 September 2019, Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) telah langsung berlari kencang. Bukan hanya berperan menyuarakan aspirasi masyarakat, khususnya di kawasan Danau Toba, tapi juga menjadi mitra strategis pemerintah. Secara marathon, KMDT pun telah membentuk kepengurusan, mulai dari tingkat pusat hingga ke daerah-daerah.

Memperingati setahun usianya, meski ditengah pandemi, KMDT bakal menghadirkan sejumlah suprise. Dalam pesannya innews, Rabu (23/9/2020), Edison Manurung Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KMDT mengatakan, selama setahun ini KMDT telah bekerja keras, tidak hanya menyerap dan memperjuangkan aspirasi masyarakat, terutama terkait percepatan pengembangan Danau Toba menjadi destinasi wisata mendunia di era Jokowi, tapi juga banyak hal positif lain yang telah dilakukan.

Pada perayaan yang diadakan secara daring ini akan hadir sejumlah pejabat negara antara lain, Bambang Soesatyo (Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina DPP KMDT), Dr. Oesman Sapta (Ketua Umum DPP Partai Hanura sekaligus Ketua Dewan Penasihat DPP KMDT), Luhut Binsar Panjaitan (Menko Marives), Prof. Yasona Laoly (Menhukham), Teten Masduki (MenkopUKM), Tito Karnavian (Mendagri), Wishnutama Kusubandio (Menteri Parekraf), Siti Nurbaya (Menteri LHK), Edhy Prabowo (Menteri KKP), dan Juliari Batubara (Mensos).

Pengurus DPP KMDT dipimpin Edison Manurung menyerahkan ulos ke MPR RI

Di deretan pejabat daerah yang direncanakan akan ikut serta antara lain, Edy Rahmayadi (Gubernur Sumut), beserta sejumlah Bupati di kawasan Danau Toba, yakni, Nikson Nababan (Bupati Tapanuli Utara), Dosmar Banjarnahor (Bupati Humbang Hasundutan), Eddy Berutu (Bupati Dairi), Terkelin Brahmana (Bupati Karo), Rapidin Simbolon (Bupati Samosir), Darwin Siagian (Bupati Toba), dan J.R. Saragih (Bupati Simalungun). Tak lupa, Arie Prasetyo Dirut BODT.

Tidak hanya itu, acara tersebut juga akan dihadiri sejumlah pemimpin gereja (Kristen-Katolik) yang ada di Sumatera Utara).

Melalui acara ini, Edison berharap, kiranya KMdT dapat melaksanakan dan menuntaskan misi percepatan wisata Danau Toba dan sumber daya manusia (SDM) unggul di era Jokowi. “Selama ini keberadaan KMDT sudah sangat dirasakan oleh masyarakat di sekitar Danau Toba. Kami juga telah mengukuhkan kepengurusan di beberapa provinsi serta kabupaten/kota di Indonesia, bahkan luar negeri,” katanya.

Edison Manurung Ketum DPP KMDT (kanan) di Gedung MPR RI

Kepada pengurus, khususnya di 7 daerah di kawasan Danau Toba, Edison berpesan untuk sungguh-sungguh melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Puncak acara HUT KMDT akan diisi dengan seminar bertajuk ‘SDM Unggul di Era Jokowi 2 Periode’. “Kami sudah merangkum rangkaian seminar-seminar yang telah dilaksanakan KMDT selama ini. Nantinya, rangkuman tersebut akan kami berikan kepada Presiden Joko Widodo sebagai sebuah rekomendasi. Demikian juga akan diberikan kepada para menteri, Gubsu, dan para Bupati di kawasan Danau Toba sebagai acuan untuk melaksanakan visi Jokowi demi kesejahteraaan masyarakat.

Acara peringatan setahun KMDT juga akan diwarnai dengan Launching Koperasi KMDT dan peluncuran Buku KMDT.

Lebih jauh Edison mengatakan, dalam rangka pemberdayaan ekonomi kerakyatan, KMDT juga telah membentuk Koperasi KMDT bekerja sama dengan KemenkopUKM.

Perayaan 1 Tahun usia KMDT akan dihadiri sejumlah pejabat negara

Pada bulan Desember nanti, tambah Edison, KMDT juga akan mengadakan Perayaan Natal mulai 5 Desember di 7 kabupaten di kawasan Danau Toba. “Perayaan puncak akan dilaksanakan secara live streaming di Salib Kasih, Tarutung, 27 Desember 2020. Ini sesuai hasil rapat dengan Bupati Taput dan jajarannya, minggu lalu.

Tidak itu saja, rangkaian Perayaan Natal akan diisi dengan berbagai kegiatan, yakni, penaburan bibit ikan, penghijauan, bakti sosial bekerja sama dengan kementerian terkait. Bahkan rencananya akan dihadiri oleh Presiden Jokowi, para menteri, dan pimpinan-pimpinan gereja lintas denominasi. (RN)