Masyarakat kian mempercayai institusi Polri

Jakarta, innews.co.id – Relawan yang terhimpun dalam Seknas Jokowi mengapresiasi kinerja Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang terus membaik dalam mengayomi masyarakat. Hal ini dibuktikan melalui hasil survei dari Timur Barat Research Center (TBRC), di mana dikatakan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri sangat tinggi, mencapai 86,2%. Bahkan, melebihi KPK yang hanya 60,2%. Sementara TNI mendapat presentase 88,7%, beda tipis dengan Polri. Tingkat kepercayaan masyarakat tertinggi diberikan kepada Presiden RI, sebesar 92,7%

“Tingginya tingkat kepercayaan publik membuktikan kinerja Polri terus membaik dan tentunya ini memberi rasa aman terhadap masyarakat,” kata Monisyah Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Seknas Jokowi, dalam keterangan resminya yang diterima innews, di Jakarta, Sabtu (15/1/2022).

Monisyah mengatakan, saat ini, melalui program Presisi, seluruh personil Polri di bawah pimpinan Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo dilibatkan secara aktif, tidak hanya sebatas mengayomi dan melindungi masyarakat, tapi juga membantu program-program pemerintah, utamanya dalam memberantas pandemi Covid-19. “Kalau kita lihat, Polri begitu gencar mengadakan vaksinasi, sampai ke pelosok-pelosok negeri. Bahkan, polisi melakukan vaksinasi secara door to door dan ke sekolah-sekolah. Ini membuktikan bahwa ada kesinambungan kerja antara Kepolisian dengan program Pak Jokowi,” ujar Monisyah yang juga sebagai Direktur Eksekutif Lembaga Pengkajian Ilmu Politik Bangsa (LPIPB) ini.

Ini juga ditopang kinerja gemilang dari Polda Metro Jaya di bawah pimpinan Irjen Pol Fadil Imran dan Polda Jawa Barat yang dipimpin Irjen Pol. Drs. Suntana, MSi., yang terus berjibaku menggulirkan progran vaksinasi.

Selain itu, upaya memberantas premanisme, gank motor, tawuran, dan segala bentuk tindak kejahatan yang meresahkan masyarakat, terus dijalankan dengan prinsip humanis, tapi tetap tegas. “Polri juga terus menangkap pelaku-pelaku yang diduga terlibat aksi terorisme serta jaringan narkoba internasional. Ini menjadi bentuk prestasi yang patut diapresiasi,” tukasnya.

Tak hanya itu, di bawah pimpinan Jenderal Listyo, Polri semakin tegas dalam menindak bawahannya yang lalai dalam menjalankan tugas.

Dengan semakin tingginya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri, maka keamanan dalam negeri akan semakin terjamin. Sudah barang tentu ini juga akan memudahkan para investor menanamkan modalnya di Indonesia.

Kedepan, harap Monisyah, kiranya Polri bisa terus meningkatkan kinerjanya agar masyarakat semakin merasa terlindungi dan aman. (RN)