Seknas Jokowi dan Seknas Jokowi Majelis Dzikir dan Dakwah, mengadakan pemotongan dan pembagian hewan qurban pada Idul Adha 1443 H, di Cilandak, Jakarta, Minggu (10/7/2022)

Jakarta, innews.co.id – Perayaan Hari Raya Idul Fitri memiliki makna yang dalam serta sakral, utamanya dalam menunjukkan kepedulian dan cinta pada sesama. Karenanya, momentum ini harus dimanfaatkan dengan saling berbagi.

“Budaya tolong menolong, saling peduli dan berbagi menjadi ciri khas bangsa Indonesia sejak dulu, tanpa membedakan suku, agama, etnis, dan golongan. Budaya ini begitu nyata dalam setiap merayakan Idul Fitri,” Kata Monisyah Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Seknas Jokowi saat pemotongan hewan qurban, sumbangan Seknas Jokowi, di daerah Cilandak, Jakarta, Minggu (10/7/2022).

Suasana pemotongan hewan qurban dari Seknas Jokowi

Menurutnya, tradisi berbagi ini harus terus dipelihara, dan menjadi kekuatan bangsa ini dalam mengisi pembangunan. “Sejak awal terbentuk, Seknas Jokowi secara rutin telah melaksanakan pemotongan hewan qurban. Daging hewan qurban diberikan baik kepada pengurus maupun warga masyarakat.

“Kami sangat bahagia bisa berbagi kepada masyarakat luas. Tahun ini kita juga bagikan daging sapi dan kambing yang diberikan kepada para pengurus dan warga sekitar,” ujarnya.

Anak-anak tampak senang bakal menerima daging qurban dari Seknas Jokowi

Sementara itu, Kyai Rizal Maulana Ketua Seknas Jokowi Majelis Dzikir dan Dakwah mengatakan, Hari Raya Idul Adha memiliki makna yang dalam yakni, berbagi kepada sesama. “Berqurban adalah momentum dan salah satu bentuk kepasrahan dan ketulusan dalam mewujudkan cinta sesama, tanpa membeda-bedakan,” terangnya.

Kyai Rizal menambahkan, melalui Idul Adha ini, warga yang kurang mampu akan terbantu dengan diberikan daging qurban. Itu suatu bentuk kepedulian kita terhadap sesama. Ini sejalan dengan pesan Nabi Muhammad SAW yang mana kita harus memperhatikan orang-orang yang kurang beruntung,” jelasnya.

Kyai Rizal Maulana (tengah) bersama pengurus Seknas Jokowi

Selain itu, melalui Idul Adha ini, dengan menebar kebaikan kepada banyak orang, makan akan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. “Semoga dengan spirit Idul Adha, maka kita disadarkan pentingnya memelihara persatuan dan kesatuan ditengah hidup berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat,” tukasnya.

Tahun ini, kata Kyai Rizal, sapi dan kambing sebagai sumbangan dari Waketum DPN Seknas Jokowi dipotong dan dibagikan kepada pengurus dan warga sekitar.

Monisyah mengharapkan, rasa kepedulian dan empati kita kepada masyarakat semakin kuat, terutama memasuki tahun politik. “Mari kita bersama-sama menyongsong tahun politik dengan penuh kedamaian,” pungkasnya. (RN)