Seknas Jokowi mengadakan konsolidasi secara rutin guna membahas berbagai hal. Seperti dilakukan di Gedung Proton, Jakarta, Sabtu (7/3/2020) malam

Jakarta, innews.co.id – Mengawal program-program Pemerintahan Joko Widodo – Ma’ruf Amin hingga 2024, menjadi bagian dari tugas besar Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi. Wadah relawan yang mendukung penuh Jokowi sejak 2014 ini bertekad bukan sekadar tampil saat Pemilu saja, namun terus bekerja hingga akhir jabatan Presiden.

Hal ini ditegaskan Monisyah, S.Sos., Ketua Seknas Jokowi Jabodetabek saat ditemui di sela-sela acara konsolidasi Seknas Jokowi Jabodetabek di Jakarta, Sabtu (7/3/2020) malam.

Menurutnya, sumber daya yang ada di Seknas Jokowi sangat mumpuni. Ini terbukti dari kerja keras yang dilakukan untuk memenangkan paslon Jokowi-Ma’ruf pada Pemilu 2019. Bahkan, di Jakarta, yang konon diprediksi Jokowi akan kalah, namun Seknas Jokowi mampu membalikkan prediksi dan memastikan mantan Gubernur DKI Jakarta itu meraih kemenangan.

“Pastinya, relawan Seknas Jokowi Jabodetabek bekerja dengan gigih, turun langsung door to door, mensosialisasikan program kerja Jokowi,” kata Monisyah. Kini, kerja kerasnya terbayar lunas dengan dilantiknya Jokowi-Ma’ruf sebagai Presiden-Wakil Presiden RI periode 2019-2024.

Untuk itu, kedepan, kata Monisyah, dalam kaitan mengawal program-program pemerintah, maka Seknas Jokowi akan menjalin kemitraan dengan berbagai kementerian dan lembaga. Seperti Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Desa Tertinggal, Kementerian Tenaga Kerja, dan lainnya.

“Tentu kita berharap kementerian-kementerian bisa melibatkan Seknas Jokowi dalam implementasi program-programnya. Selain dapat mengawal program, tentu diharapkan bisa mengangkat kesejahteraan para relawan Seknas Jokowi. Misal, melalui pelatihan-pelatihan atau program lainnya,” urai Monisyah.

Kabarnya, saat ini Seknas Jokowi tengah bersiap mengadakan Munas yang akan memilih ketua umum yang baru pasca meninggalnya Muhammad Yamin, 22 Maret 2019 silam.

Monisyah membenarkan dalam waktu dekat Seknas Jokowi akan mengadakan Munas. “Ya, sekitar akhir Maret 2020 ini,” ujarnya.

Ia juga tidak menampik bahwa ada dorongan dari bawah yang menginginkan dirinya maju sebagai Ketua Umum Seknas Jokowi. “Memang ada dorongan dari teman-teman. Sebagai relawan, saya menyerahkan semua pada keinginan (suara) teman-teman saja. Tentu apa yang terbaik akan kita dukung,” ujar Monisyah. Dari pengamatan innews, seluruh jajaran pengurus Seknas Jokowi Jabodetabek secara bulat mendukung Monisyah.

Pastinya, lanjut Monisyah, kehadiran Seknas Jokowi harus memberi manfaat, bukan saja dalam kaitan mendukung Jokowi dalam Pilpres, tapi setelahnya ada manfaat yang dirasakan oleh para relawan yang tergabung di Seknas Jokowi ini.

Bila memang dipercaya, Monisyah mengaku siap mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai Ketum Seknas Jokowi. (RN)