Politisi Gerindra Syarif meresmikan Pendopo Garuda Perjuangan Rakyat di Jalan nangka Growong, Kelapa Dua Wetan, CIracas, Jakarta Timur, Sabtu (15/2/2020)

Jakarta, innews.co.id – Untuk memudahkan menyerap aspirasi masyarakat, Sekretaris Komisi D (DPRD) DKI Jakarta Syarif, MSi., meresmikan Pendopo Garuda Nanggrow di Jalan Nangka Growong, Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (15/2/2020).

Politisi Partai Gerindra dari Daerah Pemilihan (Dapil) 6 Jakarta Timur ini menggelar rangkaian acara Syukuran Milad ke-12 Partai Gerindra, peresmian pendopo, dan santunan anak yatim.

Acara ini dihadiri langsung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dalam sambutannya, Syarif mengatakan, pendirian tempat ini melihat banyaknya aspirasi warga yang tidak bisa ditampung pemerintah. Karena itu, Pendopo Garuda Nanggrow ini sebagai wadah perjuangan rakyat.

Di pendopo ini, lanjut Syarif yang sebelumnya mendirikan Yayasan GAS ini, di Pendopo Garuda Nanggrow warga bisa berkeluh kesah tentang segala macam problem yang dihadapi masyarakat untuk diselesaikan oleh pemerintah.

“Dengan adanya Pendopo Garuda ini, warga bisa menyampaikan aspirasinya dan tidak perlu datang ke Kantor DPRD yang harus mengeluarkan ongkos dan biaya. Warga Dapil 6 Jakarta Timur (Kecamatan Ciracas, Makassar, Cipayung, dan Pasar Rebo) bisa menyampaikan aspirasinya. Kita jamin disampaikan kepada SKPD, Gubernur DKI. Kita jamin juga pasti segera direspon oleh aparat yang berwenang,” tambah Syarif.

Dia menambahkan, Pendopo Garuda Nanggrow ini juga dapat digunakan berbagai kegiatan, termasuk kegiatan sosial, seperti hajatan warga (nikahan, kithanan, dan pengajian majelis taklim).

“Warga bisa menggunakan Pendopo Garuda Nanggrow ini secara gratis. Tidak ada biaya kalau yang menggunakan warga Kelurahan Kelapa Dua Wetan Kecamatan Ciracas,” kata Syarif lagi.

Syarif menjelaskan, sejauh ini tim yang ia bentuk sudah bekerja membantu warga, antara lain mengurus Akta Kelahiran, KTP, KK dan KJP, KJS dan lain-lain. “Hari ini kami serahkan 14 Akta Kelahiran, biasanya sudah 50-60 akta kelahiran yang kami urus, kita antar ke rumah warga,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur DKI menyambut baik keberadaan Pendopo Garuda Nanggrow ini. Harapannya, aspirasi masyarakat nantinya bisa diteruskan sehingga ada solusinya.

Di pihak lain, Ketua DPD Partai Gerindra Mohamad Taufik mengatakan, 19 anggota DPRD DKI dari Fraksi Gerindra diwajibkan mendirikan Posko Pengaduan masyarakat di rumah masing-masing. (MT)