Perempuan Jenggala saat melaksanakan bakti sosial di halaman Masjid Al-hidayah, Desa Sukaraja, Ciawigebang, Kuningan, Kamis (12/12/2019)

Jakarta, innews.co.id – Pemotongan nasi tumpeng di Kantor Sekretariat Jenggala Center menjadi penanda rasa syukur dari segenap pengurus Perempuan Jenggala (PJ) yang tengah merayakan ulang tahun pertamanya, di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Para pengurus PJ tampak begitu bahagia. Wajah-wajah sumringah terpancar dari rona wajah para pengurus yang kala itu juga dihadiri oleh beberapa pengurus Jenggala Center yang menjadi home base dan cikal bakal lahirnya PJ.

Vicky W. Kartiwa Ketua Umum Perempuan Jenggal tengah memberikan sambutan pada Perayaan 1 tahun Perempuan Jenggal di Kantor Jenggala Center, Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (14/1/2020)

Masih membekas dalam kenangan tiap pengurus PJ, bagaimana awal mereka terbentuk yang kebetulan bertepatan dengan moment Pemilihan Presiden 2019 lalu. Ketika itu, meski baru dibentuk, PJ langsung tancap gas mendukung sosialisasi pasangan calon 01.

Mereka bekerja keras, turun langsung ke grass root, menggelar berbagai event. Tidak kenal lelah, mereka menyambangi satu per satu lokasi untuk mensosialisasikan Paslon 01. “Capek pasti, tapi kita happy aja dan menikmati tiap acara yang dibuat,” aku Vera Ketua Bidang Humas PJ.

Jenggala Center pastikan terus mensupport kegiatan Perempuan Jenggala

Kenangan itu masih membekas di benak para pengurus. Apalagi melihat hasil kerja kerasnya, ternyata Paslon 01 yang menang. “Pastinya kita senang ya, apa yang kita dukung ternyata menang,” kata Vicky W. Kartiwa Ketua Umum PJ usai acara HUT Ke-1 PJ di bilangan Senopati, Kebayoran Baru.

Keberanian PJ turun langsung ke masyarakat patut diapresiasi. “Buat saya, apa yang sudah PJ lakukan dalam satu tahun ini sangat membanggakan. Kita sudah membuktikan dengan spirit kebersamaan dan visi yang sejalan, banyak hal yang bisa kita lakukan ,” ujar Vicky.

Di usia setahun, PJ telah mengukir aksi monumental yang tentunya kedepan akan dilanjutkan dengan langkah fenomenal.

Diiringi senyum mengembang, Vicky kepada innews mengatakan, “Kiprah PJ selama satu tahun ini diluar ekspektasi saya. Kita diuntungkan karena lahir saat kampanye Pilpres. Jadi kegiatan kita langsung ke akar rumput,” ujar Vicky. Tak heran, nama PJ sudah bergaung dan dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Vicky W. Kartiwa Ketua Umum Perempuan Jenggala, giat melakukan bakti sosial demi terciptanya SDM Indonesia Unggul

Menurut Vicky, Pilpres telah usai, kini PJ berkonsentrasi pada aksi-aksi sosial ke masyarakat. “Sekarang banyak opportunity yang mau kita kerjakan. Kita sekarang fokus membantu pemerintah dalam kegiatan sosial yang berdampak langsung pada masyarakat, khususnya kaum perempuan, ibu, dan anak,” terangnya.

Ditanya soal rencana membuka PJ di daerah, menurut Vicky, itu adalah bagian dari penguatan organisasi. Jadi, selain memperkuat sumber daya manusia (SDM), juga membuka PJ di daerah.

Perempuan Jenggala Peduli Sesama membantu korban banjir di Jabodetabek, (3-4/1/2020)

Direncanakan, Februari 2020, PJ akan mengukuhkan kepengurusan PJ untuk wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Selama ini sudah ada di 7 daerah diantaranya, Bali, Jawa Barat, NTT, dan lainnya.

Selain itu, di 2020 ini PJ akan tetap turun ke masyarakat. Salah satu yang akan menjadi perhatian adalah penanganan stunting dengan memberi edukasi langsung kepada masyarakat. Soal pembinaan UMKM bagi kaum perempuan juga menjadi perhatian PJ kedepan.

Vicky W. Kartiwa Ketua Umum Perempuan Jenggala memberikan bantuan secara simbolis kepada warga di Villa Nusa Indah, Bogor, Sabtu (11/1/2020)

Bicara soliditas anggota, Vicky menambahkan, sebagai organisasi sosial tentu kesehatian perlu. Demikian juga dibutuhkan orang-orang yang punya hati untuk membantu sesama. “Prinsipnya PJ terbuka untuk semua perempuan Indonesia,” tukasnya.

Kepada para pengurus, Vicky mengingatkan, PJ memiliki 3 pilar yakni education, empowerment dan social welfare. “Saya berharap para pengurus selalu kompak dalam menjalankan program-program PJ,” pungkasnya. (RN)