Carmelita Hartoto Ketua Umum DPP INSA, baiknya Jakarta dijadikan pusat bisnis

Jakarta, innews.co.id – Perpindahan Ibu Kota sejatinya harus memberi manfaat, utamanya dalam pemerataan pembangunan di Indonesia, sehingga kesan Jawa sentris bisa dirubah menjadi Indonesia sentris.

Pendapat ini disampaikan Carmelita Hartoto, Ketua Umum Indonesian National Shipowner’s Association (INSA) saat dihubungi innews, Rabu (4/9/2019).

Carmelita Hartoto (kanan), jadikan Indonesia sentris, bukan Jawa sentris

“Sudah terlalu lama segalanya terpusat di Pulau Jawa. Karena itu, kalau tujuan pemindahan Ibu Kota untuk merubah dari Jawa sentris ke Indonesia sentris, serta memisahkan antara pusat pemerintahan dan pusat bisnis, menurut saya sih bagus juga,” kata Carmelita yang akrab disapa Meme ini lugas.

Meme menilai, cukup pusat pemerintahan saja yang pindah, sementara pusat bisnis tidak usah. “Beberapa negara di luar negeri juga terpisah antara pusat pemerintahan dengan bisnis, seperti di Amerika Serikat, pusat pemerintahan di Washington DC, sementara untuk bisnis di New York. Begitu juga di Australia ada Canberra dan Sydney. Biarlah pemerintah fokus mengatur negeri ini. Demikian juga para aparatur sipil negara (ASN) tidak terkendala macet,” papar President Director Andhika Lines Group ini.

Lebih jauh dikatakannya, selama ini Jakarta sudah menjadi pusat bisnis. Infrastrukturnya sudah terbangun dan terus dibangun. “Jadi menurut saya, biarlah Jakarta tetap menjadi pusat bisnis dan ekonomi, sekaligus tempat wisata,” imbuhnya.

Seandainya Ibu Kota pindah, kata Meme, belum tentu juga kantor Andhika Lines ikut pindah. “Dilihat keperluannya serta urgensinya. Sekarang kan sudah era industri 4.0 atau digitalisasi. Kedepannya urusan birokrasi sudah harus bisa online. Jadi, kalau hanya membuka semacam liaison office, rasanya tidak terlalu membebani,” ujarnya.

Carmelita Hartoto, memisahkan Ibu Kota pemerintahan dengan pusat bisnis cukup baik

Demikian juga dengan Kantor DPP INSA, kata Meme, karena ini sifatnya asosiasi pengusaha, maka baiknya kantor pusat dekat dengan pusat bisnis. “Tapi dilihat perkembangan kedepan nanti. Memindahkan Kantor DPP toh tidak sesulit memindahkan Kementerian atau Lembaga Negara,” pungkasnya. (RN)