Edison Manurung (keempat dari kiri) Ketum DPP KMDT mengunjungi perbatasan Papua dengan Papua Nugini, Sabtu (16/10/2021)

Raja Ampat, innews.co.id – Kunjungan ke Pulau Cendrawasih dimanfaatkan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata di Papua. Tidak hanya itu, Edison Manurung pun berkesempatan mengunjungi Papua Nugini melalui jalur perbatasan dengan Papua, Sabtu (16/10/2021).

“Kunjungan ke Papua Nugini melalui perbatasan Papua untuk melihat langsung objek pariwisata di sana,” kata Edison dalam keterangannya kepada innews, Minggu (17/10/2021).

Menurutnya, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw yang berbatasan dengan Papua Nugini, sudah sangat baik dan dijaga ketat oleh aparat keamanan. “Presiden Joko Widodo telah membangun PLBN ini dengan begitu cantiknya. Kagum kita melihatnya,” kata Edison lagi.

Ketum DPP KMDT Edison Manurung sedang di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw yang berbatasan dengan Papua Nugini

Tidak hanya itu, Edison juga berkesempatan melihat langsung wisata Raja Ampat yang begitu terkenal. “Raja Ampat memiliki keindahan alam yang bagus sekali. Ini merupakan anugerah Tuhan yang luar biasa kepada rakyat Papua,” ujarnya.

Menurut Edison, kunjungannya kali ini merupakan bentuk persahabatan sesama anak bangsa. “Kita sadari betul dari ujung Barat sampai ke Timur, Indonesia benar-benar negeri yang dikaruniai keindahan alam luar biasa oleh Tuhan. Ini harus dijaga dan dirawat sehingga bisa dinikmati tidak hanya orang Indonesia, tapi juga masyarakat dunia,” ujarnya.

Dirinya juga berharap ke depan akan semakin banyak orang Papua yang mengunjungi Danau Toba untuk melihat keindahan alam di Barat Indonesia. “Danau Vulkanik yang meletus 74.000 ribu tahun silam tersebut merupakan kebanggaan Indonesia dan dunia,” pungkasnya. (RN)