Politisi PKS Mardani Ali Sera

Jakarta, innews.co.id – Rencana pemerintah membubarkan 13 lembaga, akhir Agustus ini mendapat dukungan dari politisi PKS Mardani Ali Sera.

Secara terbuka, Mardani justru meminta pemerintah melakukan perampingan kementerian dan lembaga. “Saya mendukung aksi pembubaran institusi. Pemerintah harus lebih berani menggabungkan atau merampingkan Kementerian dan Lembaga yang secara fungsi bisa disatukan,” ujar Mardani, kepada innews, Rabu (12/8/2020). 

Dikatakannya, akan lebih baik ketika Indonesia berhasil mewujudkan kementerian dan lembaga yang ramping, miskin struktur, namun kaya fungsi. Apalagi, lanjutnya, pengalaman terkait pandemi Covid-19 menunjukkan banyak pekerjaan yang dapat disederhanakan dan disatukan.

Ketika perampingan kementerian dan lembaga ini benar-benar dilakukan pemerintah, anggota Komisi II DPR RI tersebut menilai hal tersebut dapat menjadi warisan dari Presiden Joko Widodo.

“Untuk melakukan perampingan memang harus merevisi beberapa UU. Tapi sangat bernilai tinggi dan bisa jadi warisan reformasi birokrasi yang brilian dari Pak Jokowi,” tukas Mardani.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, pada akhir Agustus ini, pemerintah berencana membubarkan 11 hingga 13 lembaga, badan, dan komite. Pembubaran ini menyusul langkah pemerintah sebelumnya yang telah membubarkan 18 lembaga. (RN)