Ketua Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani

Jakarta, innews.co.id – Dalam rangka turut serta mencegah penyebaran virus corona Kamar Dagang dan Industri ( Kadin) Indonesia memberikan sumbangan sebesar Rp10 miliar kepada Palang Merah Indonesia (PMI), Jumat (27/3/2020).

Dalam keterangan tertulisnya, Ketua Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani mengatakan, “Bantuan yang kami lakukan hari ini hasil donasi dari APINDO, asosiasi dan perusahaan di bawah naungan KADIN yang tergabung dalam inisiatif Pengusaha Peduli NKRI.

Selain dari sejumlah perusahaan, bantuan tersebut juga berasal dari penggalangan dana yang dilakukan Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia sejak pekan lalu. Sebelumnya, bantuan berupa 5.000 alat pendeteksi cepat atau rapid test Covid-19 telah disalurkan melalui Kementerian BUMN.

Rosan mengingatkan para pengusaha agar turut mementingkan kepentingan bersama. Karenanya, para pengusaha turut berkontribusi dalam penanganan wabah Covid-19 di Tanah Air.

Sumbangan diterima langsung oleh Ketua Umum PMI Jusuf Kalla. “Bantuan ini akan sangat mendukung upaya PMI dalam membantu masyarakat menghadapi Covid-19,” ucap Kalla melalui keterangan tertulis yang sama.

Dia menjelaskan, PMI fokus memberi edukasi ke masyarakat sebagai langkah pencegahan penyebaran virus. Selain itu, PMI juga melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah area publik hingga membangun gudang darurat.

“Kami juga telah membangun gudang darurat sebagai tempat sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk respon PMI menangani Covid-19,” ujar Kalla. (RN)