Edison Manurung Ketua Umum DPP KMDT bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di Papua

Jakarta, innews.co.id – Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) merencanakan event akbar ‘Tour the Toba 2022’, mengingat angka positif Covid-19 terus melandai di republik ini.

Guna merealisasikan hal tersebut, secara khusus Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KMDT terbang ke Papua. Selain menyaksikan secara langsung pelaksanaan PON XX yang spektakuler, juga menemui Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali untuk membahas pelaksanaan ‘Tour the Toba 2022’.

“Event ‘Tour the Toba 2022’ menjadi agenda penting untuk mendongkrak wisatawan, baik domestik maupun internasional. Tentu saja ini sejalan dengan program Presiden Joko Widodo dalam mengangkat citra Danau Toba sebagai destinasi wisata mendunia,” kata Edison Manurung dalam keterangannya kepada innews, Rabu (6/10/2021).

Edison Manurung terbang khusus ke Papua untuk menemui Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali membahas soal rencana ‘Tour the Toba 2022’

Saat bertemu Menpora dalam jamuan makan malam di Restauran Rumah Laut di Papua, Edison mengungkapkan rencana tersebut. Tanpa berbasa-basi, Zainudin mendukung penuh. “Kalau untuk pengembangan Danau Toba tentu harus kita dukung. Apalagi, Danau Toba memang merupakan destinasi wisata super prioritas di Indonesia saat ini,” kata Zainudin.

Dia mengatakan, Kemenpora pasti mendukung penuh event tersebut. Zainudin berharap acara tersebut bisa dikemas sebaik mungkin sehingga menarik minat banyak kalangan, baik lokal maupun internasional. “Kami apresiasi upaya KMDT untuk membantu membawa Danau Toba ke level dunia. Ini upaya yang bagus sekali,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Edison juga memuji pelaksanaan PON XX di Papua yang sangat luar biasa. “Ini PON yang spektakular. Baru pertama kali diadakan di Papua, tapi pelaksanaannya sungguh mengagumkan,” pujinya.

Edison Manurung bersama maestro bulutangkis Indonesia Icuk Sugiarto

Menurutnya, ini bukti keseriusan tidak hanya Pemerintah Daerah di Papua, tapi juga Kementerian Pemuda dan Olahraga. “Memang event-event olahraga di era Presiden Jokowi selalu menghadirkan nuansa yang berbeda. Tidak hanya rakyat Indonesia, dunia internasional pun banyak memuji,” tuturnya.

Edison memastikan pihaknya akan mempersiapkan sebaik mungkin pelaksanaan ‘Tour the Toba 2022’ sesuai arahan Menpora. “Dalam waktu dekat KMDT akan langsung berkoordinasi untuk agenda tersebut,” pungkasnya. (RN)