Koordinator supir T02 menyerahkan bantuan kepada sesama supir angkot, bantuan dari Lumbung Nusantara bersama para jurnalis kawakan, Selasa (5/5/2020) siang

Jakarta, innews.co.id – Sejumlah supir angkutan kota (angkot) yang terimbas wabah virus korona, mendapat bantuan sembako dari Lumbung Nusantara yang bekerja sama dengan sejumlah wartawan kawakan dari beberapa media umum dan religius.

Pemberian bantuan dilakukan di pangkalan angkot T02 jurusan Cililitan-Cilangkap, di Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Selasa (5/5/2020) siang. “Kami tergerak membantu saudara-saudara kita yang terimbas virus korona ini. Salah satunya dengan bekerja sama dengan Lumbung Nusantara,” ujar Markus Saragih wartawan senior sekaligus Koordinator Aksi Sosial di lokasi pembagian sembako.

Kebahagiaan para supir angkot terpancar setelah mendapat bantuan dari Lumbung Nusantara dan para jurnalis kawakan, Selasa (5/5/2020)

Hal serupa diaminkan Robby Repi, Pemimpin Redaksi Majalah Inspirasi. “Tentu kita tidak berhenti sampai di sini. Aksi sosial ini akan terus berlanjut sehingga bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang berdampak pandemi Covid-19,” tuturnya.

Sementara itu, koordinator supir angkot T02, Adi Purba mengaku, sejak dua minggu lalu mereka tidak lagi narik. Pasalnya, sang pemilik angkot “merumahkan” angkotnya agar tidak ada pengeluaran perawatan kendraan. Otomatis para supir pun terpaksa nganggur.

“Memang sejak bulan lalu, bos pemilik angkot tidak mematok setoran, tapi kan gak tahan juga lama-lama karena biaya perawatan mobil kan gak bisa dibiarkan, akhirnya angkot dikandangkan semua,” cerita ayah dari empat orang anak ini.

Biasanya, Adi mencari penumpang sejak pukul 5.00-18.00 WIB, dan sebelum kasus korona, pendapatannya cukup lumayan. Namun kondisi tersebut berubah drastis setelah virus ini merebak. “Kalau dulu saya bisa dapat setoran dan uang makan, tapi sekarang cari Rp100 ribu perhari aja susahnya bukan main. Jadi saya narik cuma buat beli bensin doang,” keluhnya.

Karenanya, dia mengaku sangat bersyukur dengan adanya yang diberikan oleh Lumbung Nusantara bersama para jurnalis kawakan ini. Adi berharap agar pemerintah dapat segera mencari jalan keluar agar wabah Covid-19 segera berakhir, sehingga semuanya bisa kembali seperti sediakala. (RN)