Edison Manurung Ketua Umum DPP KMDT

Jakarta, innews.co.id – Secara aklamasi terpilih Pengurus Koperasi Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) periode 2021-2024, melalui Rapat Anggota Koperasi KMDT melalui zoom meeting, Sabtu, 26 Juni 2021. Duduk sebagai Ketua Umum Dr. Ir. Batara Simatupang, MT., M.Phil., CIMBA., San Herib Panjaitan, SE., MBA (Ketua I), Chandra D. Silitonga, SP., ME (Sekretaris Umum), Ir. Fred P. Sibarani, SH., MBA (Sekretaris I), Dr. drg. Regina Tety Marry, M.Sc (Bendahara Umum), dan Rosti Sibarani, SE (Bendahara I).

Pada kesempatan ini, Batara Simatupang memaparkan Rencana Kerja 3 Tahun yang akan dilakukan yakni, penerapan sisten koperasi secara digital, mengundang investor, dan pengadaan kantor. Juga menerapkan unit simpan pinjam secara digital. Di tahun kedua, akan dibentuk perusahaan sebagai penopang Koperasi KMDT. Juga koperasi ini akan bergerak untuk mengundang investor.

Sementara itu, di tahun ketiga, rencananya, akan menjadikan Koperasi KMDT sebagai holding dan menyiapkan unit simpan pinjam secara mandiri dan ikut menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR), serta merintis pendirikan Bank KMDT.

Pembukaan cabang Koperasi KMDT, terkhusus di bona pasogit, juga menjadi salah satu program prioritas dan membentuk unit bisnis mandiri yang bergerak secara digital.

Para pengurus Koperasi KMDT ditetapkan secara aklamasi dan disetujui oleh para pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KMDT yang turut menyaksikan pemilihan tersebut.

“Kami menyambut baik dengan telah terpilihnya Pengurus Koperasi KMDT. Itu artinya, koperasi ini sudah bisa langsung bergerak melayani masyarakat,” ujar Edison Ketua Umum DPP KMDT kepada innews, Minggu (27/6/2021).

Tidak itu saja, Edison juga berharap, jajaran Pengurus Koperasi KMDT bisa memajukan dan menjalankan visi-misi Koperasi KMDT yakni mensejahterakan masyarakat Indonesia, terkhusus warga di 8 kabupaten se-kawasan Danau Toba.

“Kiranya Koperasi KMDT bisa membantu misi Presiden Joko Widodo dan pemerintah dengan menjalin kerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM,” ujarnya.

Edison juga berharap, seluruh pengurus dan anggota KMDT di seantero Indonesia bisa mendukung keberadaan koperasi ini. “Tujuan Koperasi KMDT mulia, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kita dukung bersama,” pungkasnya. (RN)