Terpilihnya Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Hanura: “Bukti Siapapun Bisa Memimpin Indonesia”

Gede Pasek Suardika Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura

Jakarta, innews.co.id – Ketika Presiden Joko Widodo memilih Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dari lima nama yang diajukan Kompolnas, sontak suara-suara sumbang bermunculan. Ada saja kelompok-kelompok, baik secara langsung atau tidak menyoroti soal agama dari Calon kapolri pilihan Jokowi tersebut. Padahal, di internal kepolisian sendiri adem ayem.

Pada akhirnya, Presiden Jokowi tetap mengajukan Listyo Sigit untuk menjalani fit and propher test kepada DPR RI. Dan, secara aklamasi, Komisi III DPR RI telah memutuskan Listyo sebagai Kapolri pengganti Idham Azis yang habis masa jabatannya, Januari ini.

Keputusan berani Presiden Jokowi diapresiasi oleh berbagai kalangan. “Ini merupakan keputusan yang menarik. Sebab Jokowi memutuskan calon Kapolri untuk diajukan ke DPR RI dengan membawa banyak pesan dan nilai kebangsaan,” kata Gede Pasek Suardika Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura kepada innews, Jum’at (22/1/2021).

Baginya, Jokowi betul-betul mencoba menghadirkan wawasan kebangsaan dalam lembaga-lembaga yang menjadi tanggung jawabnya langsung. “Kalau mau jujur, nyaris tidak pernah ada orang Kristen/Katolik menjadi Kapolri. Tapi, Presiden Jokowi membalik semua dan seolah mau mengatakan, bahwa siapapun bisa memimpin Indonesia, tanpa harus melihat suku atau agamanya,” ujar Pasek lagi.

Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Presiden Joko Widodo

Jadi, sambungnya, bukan soal apa agamanya tetapi pesan kebangsaan yang dikirimkan ke publik begitu kuat. Dimana soal potensi dan kapasitas dijadikan acuan utama.

Pasek masih ingat, ketika Presiden memilih Tito Karnavian menjadi Kapolri, dimana pesan yang disampaikan adalah soal jenjang angkatan dalam kepolisian bukan sesuatu yang utama. “Kini, terpilihnya Listyo Sigit Prabowo bicara soal latar belakang agama yang seharusnya tidak dipersoalkan. Sebab secara kualitas sebenarnya semua calon juga memiliki kemampuan yang sama-sama bagus,” tuturnya.

Hanura dalam hal ini mengapresiasi langkah Presiden Jokowi bahwa di masa pandemi Covid-19 ini, sangatlah penting mengangkat nilai-nilai kebangsaan agar selalu terpelihara persatuan dan nasionalisme. (RN)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan