Edison Manurung, sejauh mata memandang di Danau Toba

Jakarta, innews.co.id – Dukungan tiada henti terus diberikan Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) terhadap percepatan pengembangan kawasan Danau Toba menjadi destinasi wisata mendunia di era Jokowi.

Salah satunya melalui kegiatan bersih-bersih Pantai Danau melalui program Gerakan Bersih Pantai Danau Toba yang akan diadakan di Pantai Pasir Putih Desa Parparean, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba, Sabtu, 19 Juli 2021, besok.

Acara yang digagas Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) KMDT Sumatera Utara ini akan melibatkan para pejabat daerah, pengurus KMDT, dan masyarakat sekitar. “Acara ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap program Presiden Jokowi dalam percepatan pengembangan Danau Toba menjadi destinasi wisata mendunia,” kata Enni M. Pasaribu Ketua DPW KMDT Sumut, Jumat (18/6/2021).

Dukung gerakan bersih pantai kawasan Danau Toba

Sementara itu, Edison Manurung Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat KMDT mengatakan, gerakan ini merupakan bentuk upaya KMDT terhadap lingkungan di kawasan Danau Toba. “Dengan lingkungan yang bersih, tentu akan membuat kawasan Danau Toba menjadi asri,” ujarnya kepada innews, Jumat (18/6/2021).

Menurutnya, sebuah objek wisata akan sangat diminati bila lingkungannya bersih dan asri. “Wisatawan akan betah berlama-lama di Danau Toba bila daerah itu bersih. Kami akan membersihkan sampah-sampah di Pantai Pasir Putih Desa Parparean,” terangnya.

Tidak hanya kebersihan di kawasan pantai, KMDT juga concern menyerukan agar danau kebanggaan Indonesia tersebut juga harus bebas dari pencemaran limbah keramba jaring apung (KJA) dan sampah rumah tangga. “KMDT siap membantu pemerintah menangani pencemaran lingkungan di kawasan Danau Toba. Kalau perlu usaha-usaha KJA di area Danau Toba dibersihkan semua, sehingga air Danau Toba kembali jernih dan tidak berbau seperti sekarang ini,” tegas Edison yang juga dikenal sebagai mantan Ketua DPP KNPI dua periode ini.

Dia menambahkan, kegiatan bersih-bersih di kawasan Danau Toba ini juga sebagai bagian dari sosialisasi akan pentingnya menjaga kebersihan kepada masyarakat sekitar. “Warga setempat harus punya kesadaran bahwa lingkungan sekitarnya dipelihara kebersihannya. Dengan kesadaran dari warga, maka keasrian Danau Toba akan terjaga dengan baik,” tukas Edison. (RN)