Seruan perdamaian IPPAT

Jakarta, innews.co.id – Kongres Lanjutan atau Kongres Luar Biasa (KLB) Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) dipastikan diadakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ini merupakan hasil rapat para Ketua Pengurus Wilayah (Pengwil) yang diadakan melalui zoom meeting, Senin (11/1/2021).

Ketika dikonfirmasi, Selasa (12/1/2021), H.M. Aroman Ketua Pengwil IPPAT NTB, membenarkan hal tersebut. “Iya, Kongres Lanjutan atau KLB akan diadakan di Lombok,” ujarnya.

Meski begitu, Aroman belum memastikan kapan dan dimana KLB dilakukan. “Belum ada pembicaraan karena pembentukan panitia baru akan dilakukan pada Sabtu, 16 Januari ini.

Terkait KLB, Tagor Simanjuntak Juru Bicara TPP mengatakan, “Kabarnya demikian, di NTB. Nanti Ketua-Ketua Pengwil yang akan memastikan semuanya”.

Dalam rapat Pengwil, kabarnya juga telah dipilih 7 Ketua Pengwil sebagai Koordinator Tim Kolektif Kolegial sekaligus yang menangani administrasi PP IPPAT yakni, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Papua, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Tengah.

Ketika dikonfirmasi Elyunus Ketua Pengwil IPPAT Sumatera Barat mengiyakan. “Benar, Sumatera Barat menjadi salah satu anggota koordinator tim kolektif kolegial yang akan menyiapkan KLB dan menangani administrasi PP IPPAT,” ujarnya melalui pesan pendek, Selasa (12/1/2021).

Sesuai kesepakatan damai yang ditandatangani dihadapan Kementerian ATR/BPN, Senin 21 Desember 2020, Kongres Lanjutan harus dilakukan selambatnya 28 Februari 2021 ini dengan agenda utama memilih Ketua Umum PP IPPAT yang akan menghadirkan dua peraih suara terbanyak pada Kongres VII di Makassar, 2018 silam, yaitu Julius Purnawan dan Hapendi Harahap. (RN)