Uji coba Bandara Buntu Kunik di Toraja

Tana Toraja, innews.co.id – Perkembangan baru dialami Bandara Buntu Kunik di Tana Toraja sejak diresmikan Presiden Joko Widodo, 18 Maret 2021 lalu.

Kali ini, Unit Penyelenggaran Bandara Udara (UPBU) Toraja membuat terobosan dengan membuka rute penerbangan langsung dari Bandara Toraja ke Bandara Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur.

Rute baru ini tentunya makin meningkatkan jumlah penerbangan, setelah sebelumnya atau sejak awal dibuka, Bandara Toraja melayani rute Makassar-Toraja dan sebaliknya.

Menurut Kepala UPBU Toraja, Anas Labakara, rute baru Toraja-Balikpapan ini sementara dalam pengurusan perizinan ke Kementerian Perhubungan.

“Iya betul (rute baru Toraja-Balikpapan). Sementara pengurusan izin ke Kemenhub,” aku Anas.

Dia menambahkan, uji coba penerbangan rute Toraja-Balikpapan telah dilaksanakan pada Senin, 19 April 2021, lalu. “Rute baru ini merupakan penerbangan langsung dari Toraja ke Balikpapan maupun sebaliknya, tanpa transit atau singgah,” jelas Anas.

Maskapai yang akan melayani penerbangan di rute ini adalah Wings Air, dengan pesawat jenis ATR-72/600.

Sementara ini, penerbangan rute Toraja-Balikpapan, dijadwalkan dua kali sepekan, setiap hari Senin dan Sabtu. Pesawat yang akan take off dari Balikpapan ke Toraja setiap pukul 09.00 Wita. Sebaliknya, dari Toraja ke Balikpapan setiap pukul 11.00 Wita. (RN)