Pelatihan SDM Pemuda di Papua oleh KemenkopUKM, Senin (12/10/2020)

Jayapura, innews.co.id – Peningkatan kualitas kewirausahaan di kalangan anak muda terus ditingkatkan. Sekitar 100-an pemuda di Papua, selama 3 hari, 12-15 Oktober 2020, digembleng melalui acara Pemasyarakatan Kewirausahaan dan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pemuda di Kota Jayapura, Provinsi Papua.

“Melalui acara ini, diharapkan mereka termotivasi dan tergerak untuk segera memulai sebuah usaha melalui kegiatan ini,” ujar Kasubid Peningkatan Kemampuan Kewirausahaan Triyanto, mewakili Asdep Pengembangan Kewirausahaan KemenkopUKM Nasrun Siagian, dalam sambutannya, saat membuka acara di Hotel Swiss-Bell Papua, Senin (12/10/2020).

Menurutnya, meski ditengah pandemi, kapasitas sumber daya manusia koperasi dan UKM harus ditingkatkan agar tetap eksis, dapat beradaptasi dan bahkan bisa tumbuh usahanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Papua Doren Wakerkwa mengatakan, mewujudkan semangat wirausaha di kalangan pemuda merupakan salah satu kunci dalam peningkatan ekonomi di Papua.

Dikatakannya, dibutuhkan inovasi dan sinergitas dari semua pihak, untuk terus menumbuhkan dan membumikan jiwa entrepreneurship pemuda di Papua. Karena itu, ia mengapresiasi Yayasan Papua Muda Inspiratif yang merupakan kolaborasi anak-anak muda prestatif Papua yang memiliki visi untuk dapat bersatu, bersinergi dan berkarya dalam meningkatkan kesejahteraan tanah Papua.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Walikota Jayapura Rustan Saru mengimbau pemuda untuk memiliki semangat mengembangkan minat atau bakat dan motivasi untuk mau terjun ke dunia usaha. (RN)